Pengembangan buku panduan pelatihan keterampilan mengelola marah berdasarkan konsep Islam untuk siswa Madrasah Aliyah (MA) / Khoirul Mustofa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan pelatihan keterampilan mengelola marah berdasarkan konsep Islam untuk siswa Madrasah Aliyah (MA) / Khoirul Mustofa

Mustofa, Khoirul (2018) Pengembangan buku panduan pelatihan keterampilan mengelola marah berdasarkan konsep Islam untuk siswa Madrasah Aliyah (MA) / Khoirul Mustofa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mustofa Khoirul. 2018. Pengembangan Buku Panduan Pelatihan Keterampilan Mengelola Marah Berdasarkan Konsep Islam untuk Siswa Madrasah Aliyah(MA). Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Adi Atmoko M.Si. (2) Dr. Muslihati S.Ag. M.Pd. Kata Kunci mengelola marah konsep Islam pengembangan. Perkembangan dan pertumbuhan manusia yang masuk pada masa remaja memilikiperhatiankhususdan juga keunikan yang patutuntukditelititerutamadalamhalemosi.Banyakhal yang berhubungandengankondisiemosidari para remaja yang masihlabilsehinggabanyakpermasalahandari para remaja yang terkaitdengankondisiemosinyadan juga keterampilandalammengelolanya.Bimbingandankonselingakanmenjadisalahsatupenunjangkeberhasilandari para pesertadidikuntukmemberikanpelatihandalampeningkatanketerampilanmengelolaemosipadadiriremaja. Keterampilanmengelolaemositerutama yang berhubungandenganmarahsudahdiajarkandalamajaran Agama Islam melalui Al Quran dan As Sunnah (hadisnabi). Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan panduan pelatihan keterampilan mengelola marah berdasarkan konsep Islam untuk siswa MA yang memenuhi aspek keberterimaan (akseptabilitas). Desain penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg Gall (2003) yang dimodifikasi oleh Sukmadinata (2009) menjadi tiga tahap yaitu 1) tahap I yaitu tahap persiapan 2) tahap II yaitu tahap pelaksanaan dan 3) tahap III yaitu tahap uji coba sedangkan pada model pengembangan Borg Gall (2003) hanya sampai pada langkah ke-7yaiturevisiprodukdarihasilujicobakelompokterbatas.Penelitianpengembanganinimenggunakansubjeksiswa di Madrasah Aliyahbaikkelas X XI maupun XII. Instrumen analisisuntukmelakukanpengukurantingkatakseptabilitas (keberterimaan)dariproduk yang dikembangkan adalah wawancara dan skala yang didalamnyaterdapat 3 aspek yang diukuryaituaspekketepatan (accuracy) kegunaan (utility) danaspekketerlaksanaan (feasibility). Analisisdariskalaakseptabilitasakan dianalisis dengan menggunakan modelinter-rater agreement model sedangkan datadarihasilwawancara saran kritik masukanditulisapaadanyasebagaibahanperbaikanproduk.Hasilanalisisdariskalaakseptabilitaspenilaian ahli menunjukkanindekshasilsebesar0 86 danhasilanalisisdariskalaakseptabilitascalonpengguna(konselor) menunjukkanindekshasilsebesar0 93. Dari keduahasilanalisistersebut makaprodukinitermasukdalamkategori validmerujukpadatabelkategoridalamSugiyono (2008) yang menyatakanjikarxy 8805 0 7 makamasukdalamkategori valid yang artinyaprodukinitelah memenuhi kriteria keberterimaan (akseptabilitas). Sedangkan hasil uji cobakelompok terbatas (siswa) menunjukkan bahwa buku panduan ini mudah dipahamidandilaksanakan. Saranpenelitiandaripengembanganiniyaituguru bimbingan dan konseling diharapkandapat melaksanakan pelatihanpengelolaanmarahmenggunakan panduan pelatihan keterampilan mengelola marah berdasarkan konsep Islam untuk meningkatkan keterampilan mengelola marah siswa karena sudah terbukti keberterimaannya sedangkanuntuk para peneliti selanjutnya diharapkandapatmelakukanpenelitian efektivitasdari panduan ini dengan melakukan penelitian eksperimen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56953

Actions (login required)

View Item View Item