Evaluasi layanan bimbingan dan konseling dengan model CIPP SMAN 1 Batukarang / Assegaf Sulton - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi layanan bimbingan dan konseling dengan model CIPP SMAN 1 Batukarang / Assegaf Sulton

Sulton, Assegaf (2018) Evaluasi layanan bimbingan dan konseling dengan model CIPP SMAN 1 Batukarang / Assegaf Sulton. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Sulton Assegaf. 2018. Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling dengan Model CIPP SMAN 1 Batukarang. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. IM Hambali M. Pd. (II) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd. Kata Kunci evaluasi CIPP layanan bimbingan dan konseling Manusia dalam memandang dan mengamati sesuatu tidak terlepas dari persepsi. Siswa merupakan objek yang menjadi tujuan dalam pendidikan memandang sesuatu hal juga tidak terlepas dari persepsi. Bimbingan dan konseling sebagai salah satu hal yang utama dalam pendidikan juga mendapat persepsi dari seorang siswa. Hasil persepsi tersebut diterjemahkan dalam bentuk tingkah laku sebagai reaksi. Reaksi hasil persepsi ini yang menjadikan siswa kadang takut dan malah menjauhi proses konseling dalam layanan bimbingan dan konseling padahal salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan layanan bimbingan dan konseling di sekolah yaitu persepsi siswa terhadap guru bimbingan dan konseling. Pelaksanaan konseling di SMAN Batukarang menurut konselor tergolong rendah. Fakta menunjukkan bahwa terdapat banyak sekolah yang siswanya mempunyai reaksi negatif seperti jarang adanya kegiatan konseling yang merupakan akibat dari persepsi yang negatif. Dibutuhkan suatu evaluasi yang komprehensif dalam sebuah proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana dalam hal apa dan bagian mana tujuan bimbingan dan konseling tercapai salah satu model evaluasi yang komprehensif dalam mencari penyebab persepsi negatif adalah menggunakan model evaluasi CIPP (Context Input Process and Product). Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi. Evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan model CIPP (Context Input Process and Product) yang berorientasi pada suatu keputusan (a decision oriented evaluation approach structured) untuk membantu administrator dalam membuat keputusan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala kebutuhan siswa pedoman wawancara kuesioner dan observasi. Hasil akhir ditemukan bahwa terdapat kekurangan pada setiap tahap dalam data yang diperoleh pada evaluasi model CIPP. Keempat tahapan dalam CIPP yaitu konteks masukan proses dan produk yang mempunyai bagian besar dan perlu perbaikan adalah pada tahap masukan selanjutnya proses dan pada bagian konteks. Saran yang perlu diberikan ialah pada tahap konteks perlu adanya pelatihan dalam menganlisa skala kebutuhan menggunakan microsoft excel. Sikap konselor perlu dukungan penuh dari Kepala Sekolah terutama terkait keyakinan diri dalam pelayanan. Tahap input perlu adanya inisiatif konselor dalam pembuatan proposal kegiatan sehingga mendapatkan produk akhir yang baik dari siswa berupa sikap dan hasil belajar. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan hasil uji produk yang lebih mendetail dengan menggunakan skala hasil produk berdasarkan skala kebutuhan siswa seperti pada saat pembuatan program dalam menentukan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56931

Actions (login required)

View Item View Item