Keefektifan teknik cognitive restructuring dan teknik self instruction untuk menurunkan tingkat kecanduan menonton film porno / Dina Maya Anggreini - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik cognitive restructuring dan teknik self instruction untuk menurunkan tingkat kecanduan menonton film porno / Dina Maya Anggreini

Anggreini, Dina Maya (2018) Keefektifan teknik cognitive restructuring dan teknik self instruction untuk menurunkan tingkat kecanduan menonton film porno / Dina Maya Anggreini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggreini Dina Maya. 2017. Keefektifan Teknik Cognitive Restructuring Dan Self Instruction Untuk Menurunkan Tingkat Kecanduan Menonton film Porno Siswa SMAN Model Terpadu Bojonegoro. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Carolina L. Radjah M.kes. (2) Dr. Immanuel Hitipeuw Kata kunci kecanduan movie porno cognitive restructuring self instruction Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan tentang banyaknya siswa di lingkungan sekolah yang mengalami kecanduan menonton film porno. Kecanduan sendiri diartikan sebagai keinginan untuk menonton film porno secara terus-menerus dan akan sulit untuk berhenti sifatnya berangsur-angsur menyebabkan kecanduan dan kerusakan pada otak. Penyebab dari kecanduan menonton film porno adalah adanya pikiran negatif atau keyakinan bahwa subjek tidak bisa berhenti menonton film porno dan mengakibatkan subjek masuk dalam skor kecanduan menonton film porno tinggi untuk mengurangi kecanduan menonton film porno tinggi adalah dengan konseling teknik cognitive restructuring dan self instruction yang dilaksanakan dalam situasi kelompok yang bertujuan untuk mengubah pikiran negatif menjadi pikiran yang lebih positif. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kecanduan menonton film porno siswa SMAN Model Terpadu Bojonegoro melalui penerapan teknik cognitive restructuring dan (2) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kecanduan menonton film porno siswa SMAN Model Terpadu Bojonegoro melalui penerapan teknik self instruction (3) Bagaimanakah perbedaan kecanduan menonton film porno siswa SMA sebelum dan sesudah penerapan teknik cognitive restructuring dan self instruction. (4) Bagaimanakah perbedaan tingkat kecanduan menonton film porno berdasarkan jenis kelamin sebelum dan sesudah penerapan teknik cognitive restructuring dan self instruction Analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik Mann Whitney dan Uji Wilcoxon. Adapun hasil penelitian ini berdasarkan hipotesis pertama (1) bahwa konseling teknik cognitive restructuring menghasilkan statistik uji Z sebesar -2.805 dengan probabilitas sebesar .005. Dimana probabilitas 0 05 maka H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat penurunan tingkat kecanduan menonton film porno siswa SMA secara signifikan setelah diberi konseling teknik cognitive restructuring. Pada hipotesis kedua (2) Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diperoleh hasil bahwa konseling teknik self-instruction menghasilkan statistik uji Z sebesar -2.803 dengan probabilitas sebesar .005. Dimana probabilitas 0 05 maka H0 ditolak.Terdapat penurunan tingkat kecanduan menonton film porno siswa SMA secara signifikan setelah diberi konseling teknik self-instruction. hasil pada hipotesis ketiga (3) Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U Test diperoleh statistik uji Z sebesar -3.002 dengan probabilitas sebesar .005 dimana probabilitas 0 05 maka H0 diditolak hal ini berarti terdapat perbedaan penurunan tingkat kecanduan menonton film porno siswa SMA secara signifikan setelah diberi konseling teknik cognitive restructuring dan self-instruction. Sedangkan hasil hipotesis ke empat (4) berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U Test diperoleh hasil statistik uji Z sebesar 4.286a dengan probabilitas .005 dimana probabilitas 0 05 maka H0 ditolak Hal ini berarti terdapat perbedaan jenis kelamin sebelum dan sesudah penerapan teknik cognitive restructuring dan self-instruction. Dari empat hipotesis yang diajukan diharapkan hasil penelitian dapat dijadikan sebagai kajian empiris dalam penelitian bidang bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56919

Actions (login required)

View Item View Item