Keefektifan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan forgiveness siswa SMP / Bayu Anggara - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan forgiveness siswa SMP / Bayu Anggara

Anggara, Bayu (2017) Keefektifan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan forgiveness siswa SMP / Bayu Anggara. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggara Bayu. 2016. Keefektifan Teknik Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Forgiveness Siswa SMP. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M.Pd. Pembimbing (II) Dr. H. Adi Atmoko M.Si. Kata kunci keefektifan forgiveness teknik cognitive restructuring. Transgressionatau pelanggaran dari tahun ketahun mengalami peningkatan secara signifikan dan kebanyakan terjadi di sekolah siswa korban transgression akan mengalami tekanan-tekanan psikologis sehingga dapat mengganggu kegiatan pembelajaran di sekolah. Siswa perlu melakukan forgiveness karena dapat meredam perilaku agresif orang lain. Kenyataannya di lapangan siswa usia sekolah khususnya 8 siswa kelas VII SMPN 1 Talun memiliki forgiveness rendah sehingga perlu ditingkatkan dengan teknik cognitive restructuring agar dapat meredam perilaku agresif yang diakibatkan oleh temannya. Teknik cognitive restructuring merupakan salah satu teknik dalam konseling yang digunakan untuk meningkatkan forgiveness siswa. Teknik ini digunakan untuk mengubah pikiran negatif siswa terhadap transgressor menjadi lebih positif sehingga akan berdampak pada perubahan sikap dan perilakunya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik cognitive restructuring dalam meningkatkan forgiveness siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah within group dengan desain penelitian equivalent material design. Instrumen penelitian terdiri atas skala forgiveness serta bahan perlakuan berupa panduan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan forgiveness siswa SMP. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah uji statistik nonparametrik wilcoxon signed rank test dan analisis data visual untuk melihat perubahan forgiveness subjek penelitian. Skala forgiveness yang digunakan adalah Enright Forgiveness Inventory yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji hipotesis melalui wicoxon signed rank test diperoleh skor Z sebesar -2 524 dengan taraf signifikansi sebesar 0 012 0 05 berarti teknik cognitive restructuring efektif meningkatkan forgiveness siswa SMP. Teknik cognitive restructuring berfokus pada aspek-aspek cognitive mengubah pikiran-pikiran negatif terhadap transgressor menjadi lebih positif sehingga mempengaruhi perubahan sikap dan perilakunya. Saran penelitian ini antara lain untuk (1) konselor teknik cognitive restructuring dapat digunakan sebagai alternatif teknik untuk meningkatkan forgiveness (2) sekolah forgiveness seyogyanya dimasukan ke dalam kurikulum sekolah sehingga seluruh tenaga pendidik secara bahu membahu mengajarkan karakter forgiveness dalam setiap proses kegiatan pembelajaran di sekolah (3) penelitian ini perlu dikembangkan menggunakan desain penelitian lain seperti penelitian tindakan penelitian eksperimen dengan menggunakan single subjectdesign dan penelitian kualitatif dengan menggunakan fenomenologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56882

Actions (login required)

View Item View Item