Pengembangan multimedia interaktif dengan topik Kolonialieme dan Imperialisme dio Indonesia pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPK Budi Mulia Lawang / Ardian Ramadhan Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif dengan topik Kolonialieme dan Imperialisme dio Indonesia pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPK Budi Mulia Lawang / Ardian Ramadhan Wijaya

Wijaya, Ardian Ramadhan (2015) Pengembangan multimedia interaktif dengan topik Kolonialieme dan Imperialisme dio Indonesia pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPK Budi Mulia Lawang / Ardian Ramadhan Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijaya Ardian Ramadhan.2015.Pengembangan Multimedia InteraktifDenganTopikKolonialismedanImperialisme di Indonesia Pada Mata PelajaranIlmuPengetahuanSosialKelas VIII Di SMP K Budi MuliaLawang. Skripsi JurusanTeknologiPendidikan FIP UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr.H.DediKuswandi M.Pd. (II) Dra. Susilaningsih M.Pd Kata Kunci Pengembangan Multimedia interaktif IlmuPengetahuanSosial Multimedia interaktifmerupakanperpaduanantaraaudio visualdaninteraktifitassehinggadapatmenarikminatpengguna. Berdasarkanhasilobervasi di SMP K Budi MuliaLawang dalampenyampaianmateripelajarankhususnyaIlmuPengetahuanSosial guru masihmenggunakanmetodeklasikal sehinggasiswacepatmerasajenuhdankurangtermotivasidalammenerimapelajaran. Pengembangmembuatalternatifpilihan media pembelajaranmelaluipengembangan multimedia interaktif. Tujuandaripengembanganiniadalahmenghasilkan multimedia interaktif yang dapatdigunakanuntukpembelajarankelasmaupunmandiridandapatmenyeseuaikangayabelajarmasing-masingindividudengantingkatkemenarikan yang tinggipadamatapelajaranIlmuPengetahuanSosial (IPS) kelas VIII Model pengembangan yang digunakandalampenelitianiniadalah model William Lee dan Diana L Owen (2004). Dalamsistematikapengembangannya terdapatlangkah-langkah yang akandilakukangunamencapaihasil yang diharapkan. Adapauntahp-tahptersebutantara lain (1) tahapanalisis (2) tahapdesain (3) tahappengembangan. Proses validasidilakukanoleh 1 orang ahlimateridan 1 orang ahli media. Subjekujicobadalampenelitianiniadalahanaksekolahmenengahpertama (SMP) yang berjumlah 34 anak. Instrumenpengumpulan data berupalembarangket. Lembarangketdigunakanmenilaikelayakanprodukdantanggapananakterhadap multimedia yang dikembangakan. Hasilpengembangan multimedia interaktifinimemenuhikriteria valid/layakyakni ahli media 90% ahlimateri 100% ujiperseorangan 90% ujikelompokkecil 90%dan ujikelompokbesar 87 9%. Dengandemikian multimedia inidapatdikatakan valid dandapatdigunakandalam proses pembelajaran Saran yang diajukanoleh guru matapelajaranIlmuPengetahuanSosialadalahMultimedia pembelajaransangatdiperlukandalampembelajarankarenamempermudah proses pembelajaran. Bilaperlu multimedia pembelajarandiadakanuntuksemuamateri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item