Kuncaraningrat, Iqbal (2014) Hubungan self-management siswa dan perilaku guru off-task behavior siswa Sekolah Menengah Pertama / Iqbal Kuncaraningrat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kuncaraningrat Iqbal. 2013. Hubungan Self-Management Siswa dan Perlakuan Guru dengan Off-Task Behavior Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1 Dr. Triyono M.Pd. Pembimbing II Prof. Dr. Marthen Pali M.Psi. Kata Kunci Self-Management Perlakuan Guru Off-Task Behavior Off-task behavior adalah hilangnya perhatian siswa dan mereka melakukan aktivitas-aktivitas yang tidak berhubungan dengan sistem tutoring atau tidak termasuk dalam tujuan pembelajaran. Off-task behavior seringkali muncul pada pelajaran yang tingkat kesulitannya tinggi seperti pelajaran matematika. Oleh karena itu para praktisi pendidikan diantaranya konselor sekolah perlu mengetahui variabel apa saja yang berhubungan dengan off-task behavior. Pengetahuan tersebut kemudian dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan program-program layanan bimbingan dan konseling khususnya terkait dengan aspek belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self- management dan perlakuan guru dengan off-task behavior. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada hubungan antara self-management siswa dengan off-task behavior siswa SMP pada mata pelajaran matematika (2) apakah ada hubungan antara perlakuan guru dengan off-task behavior siswa pada mata pelajaran matematika dan (3) apakah self-management dan perlakuan guru secara bersama-sama memiliki hubungan dengan off-task behavior siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain ex post facto explanatory. Penelitian ini dilakukan pada 100 siswa SMP Negeri 4 Malang tahun ajaran 2012-2013 sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner self-management perlakuan guru dan off-task behavior. Ketiga kuesioner telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan uji korelasi spearman dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara self-management dan perlakuan guru dengan off-task behavior siswa SMP Negeri 4 Malang. Nilai koefisien korelasi self-management dengan off-task behavior adalah 0 428 dan p 0 000 0 05 yang berarti bahwa self-management berhubungan secara positif dengan off-task behavior. Nilai koefisien korelasi perlakuan guru dengan off-task behavior adalah 0 379 dan p 0 000 0 05 yang berarti bahwa perlakuan guru berhubungan secara positif dengan off-task behavior. Nilai koefisien self-management dan perlakuan guru secara bersama-sama dengan off-task behavior siswa adalah 13 121 pada R2 21 3 atau 21 3%. yang berarti bahwa secara bersama-sama varibel self-management dan perlakuan guru memiliki hubungan yang signifikan dengan off-task behavior yaitu sebesar 21 3 persen sedangkan 78 7 persen sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar dua variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil-hasil penelitian yang diperoleh maka peneliti menyarankan agar para pengguna khususnya konselor sekolah dapat mengembangkan berbagai program layanan bimbingan dan konseling yang bersifat kolaboratif dengan guru mata pelajaran serta memanfaatkan wadah organisasi profesi seperti MGBK untuk berbagi seputar informasi yang diperoleh dalam penelitian ini. Peneliti juga menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk megembangkan penelitian korelasi ini dengan menambah melakukan pengujian pada mata pelajaran-mata pelajaran lainnya memperbesar jumlah subjek penelitian dan melakukan penelitian dengan menggunakan metodologi penelitian yang lebih canggih diantaranya dengan melakukan penelitian eksperimen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |