Penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PPKn di kelas IV SDN Karangbesuki 2 Malang / Samsul Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PPKn di kelas IV SDN Karangbesuki 2 Malang / Samsul Hidayat

Hidayat, Samsul (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PPKn di kelas IV SDN Karangbesuki 2 Malang / Samsul Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat Samsul. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PPKn Di Kelas IV SDN Karangbesuki 2 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Zainul Abidin M.Pd (II) Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Kata Kunci model pembelajaran kooperatif snowball throwing aktivitas pembelajaran hasil belajar PPKn Berdasarkan data awal yang diperoleh melalui kegiatan observasi di kelas IV SDN Karangbesuki 2 Malang ditemukan beberapa masalah dalam proses pembelajaran. Karakteristik siswa SD yang masih senang bermain bergerak dan bekerja dalam kelompok tidak diimbangi dengan penerapan model pembelajaran yang sesuai. Hal tersebut berdampak pada aktivitas belajar siswa menjadi kurang optimal dan secara tidak langsung berdampak pada hasil belajar siswa. Atas dasar permasalahan tersebut peneliti akan menerapkan satu model pembelajaran kooperatif snowball throwing. Model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing merupakan pola perencanaan pembelajaran kelompok di kelas yang menekankan pada interaksi dan kerjasama antar anggota kelompok dengan mengintegrasikan bentuk permainan lempar bola salju dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karangbesuki 2 Malang pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan masing-masing siklus memiliki tahapan (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan/observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan test. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu dari hasil observasi pada siklus I diketahui bahwa kualifikasi yang diperoleh adalah cukup aktif. Pada siklus II kualifikasi yang diperoleh adalah aktif. Sedangkan hasil belajar siswa secara utuh telah mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari hasil tes pada siklus I diketahui bahwa 14 (63 6%) siswa berhasil melampaui KKM 2 (9%) siswa sama dengan KKM dan 6 (27 3%) siswa belum mencapai KKM. Pada pelaksanaan tes siklus II semua siswa (100%) telah melampaui KKM yang telah ditentukan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karangbesuki 2 Malang pada pembelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item