Kurniawan, Tsani Bagus (2015) Pengembangan multimedia interaktif IPA kelas IX pokok bahasan Sistem Tata Surya di MTs Suna Kalijogo Malang / Tsani Bagus Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kurniawan Tsani Bagus. 2011. Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Kelas IX Pokok Bahasan Sistem Tata Surya di MTs Sunan Kalijogo Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd (II) Dr. Agus Wedi M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Multimedia interaktif adalah media yang dapat berinteraksi secara langsung dengan pebelajar karena interaktif memiliki komunikasi yang bersifat dua arah. Dalam proses belajar mengajar perlu diciptakan suasana yang menyenangkan sehingga respon yang berkesan akan lebih diingat dibanding respon yang tidak berkesan. Melalui proses observasi di MTs Sunan Kalijogo Malang dalam penyampaian materi pelajaran khususnya Ilmu Pengetahuan Alam guru masih menggunakan metode klasikal. Sehinggan siswa cepat merasa jenuh dalam proses pembelajaran. Dalam kondisi demikian tentunya pelajaran hanya dikuasai oleh guru. Oleh karena itu perlu diterapkannya multimedia interaktif. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang dapat digunakan untuk pembelajaran kelas maupun mandiri. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penggumpulan data melalui serangkaian validasi yang dilakuakan oleh ahli materi ahli media dan serangkaian uji coba lapangan agar didapatkan tingkat kemenarikan yang tinggi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IX. Hasil pengembangan multimedia interaktif IPA pokok bahasan Sistem Tata Surya ini dinyatakan valid/layak dengan hasil perhitungan ahli media 93 4% ahli materi 85% dan siswa perseorangan 85% siwa kelompok kecil 94 7% serta siswa kelompok besar 88 17%. Dan hasil evaluasi diperoleh nilai rata-rata 85 dengan KKM 72. Dengan demikian multimedia interaktif ini dapat dikatakan valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kesimpulan penelitian pengembangan multimedia interaktif adalah termasuk valid atau layak digunakan sebagai media pembelajaran. Serta memberikan kontribusi bahwa pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian ini saran pengembang adalah (1) bagi guru multimedia interaktif ini dijadikan media pembelajaran yang membantu guru dalam proses belajar mengajar sebelum pemanfaatan media guru harus mempelajari petunjuk pemanfaatan (2) bagi siswa multimedia interaktif ini digunakan sebaik mungkin dalam pembelajaran (3) bagi pengembang berikutnya mengkaji lebih dalam saat pemilihan materi software yang digunakan penulisan penggunaan animasi warna dan gambar agar dapat menghasilkan produk yang maksimal dan layak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/566 |
Actions (login required)
View Item |