Pengembangan panduan pelatihan keterampilan mengelola perasaan siswa SMP / Denok Setiawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan keterampilan mengelola perasaan siswa SMP / Denok Setiawati

Setiawati, Denok (2011) Pengembangan panduan pelatihan keterampilan mengelola perasaan siswa SMP / Denok Setiawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Panduan keterampilan mengelola perasaan pembelajaran berbasis pengalaman Keterampilan mengelola perasaan sangat penting bagi siswa SMP karena siswa SMP bisa digolongkan pada kategori remaja. Masa remaja dianggap sebagai periode Badai dan Tekanan . Disebut sebagai periode badai dan tekanan karena pada masa ini remaja mengalami ketegangan emosi sebagai akibat dari perubahan fisik dan pembesaran kelenjar. Meningginya emosi terjadi karena mereka berada di bawah tekanan sosial dan menghadapi kondisi baru sedangkan selama masa kanak-kanak ia kurang mempersiapkan diri untuk menghadapi keadaan-keadaan itu. Persiapan diri yang kurang terhadap perubahan yang cepat dan dramatis sangat memungkinkan memicu terjadinya masalah- masalah yang serius.Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keterampilan mengelola perasaan siswa adalah dengan membuat panduan pelatihan keterampilan mengelola perasaan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan panduan pelatihan keterampilan mengelola perasaan yang memenuhi kriteria keberterimaan dan menghasilkan panduan pelatihan keterampilan mengelola perasaan yang teruji efektif untuk meningkatkan keterampilan mengelola perasaan siswa SMP. Desain penelitian mengadaptasi prosedur Borg Gall (1983) yang dikemas dalam tiga tahapan yaitu tahap studi pendahuluan tahap pengembangan dan tahap uji coba. Tahap studi pendahuluan meliputi asesmen kebutuhan dan studi literatur. Tahap pengembangan menghasilkan draf panduan panduan pelatihan keterampilan mengelola perasaan. Tahap uji coba terdiri dari tiga uji yakni uji lapangan awal uji coba lapangan dan uji pelaksanaan lapangan. Analisis efektifitas menggunakan uji statistik Mann-Whitney dan analisis rubrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan keterampilan mengelola perasaan telah memenuhi kriteria keberterimaan baik berdasarkan hasil uji lapangan awal maupun hasil uji coba lapangan. Uji pelaksanaan lapangan dilakukan dengan desain pretest-posttest control group design dengan 16 subyek memberikan nilai p-value 0.033 untuk keterampilan mengelola perasaan malu p-value 0.040 untuk keterampilan mengelola perasaan takut dan p-value 0.023 untuk keterampilan mengelola perasaan bersalah. Semua hasil menunjukkan bahwa p-value kecil dari 945 0 05 maka Ho 951 1 8804 951 2 ditolak. Artinya ada perbedaan yang singnifikan keterampilan mengelola perasaan subyek penelitian antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Rubrik siswa juga menunjukkan perbedaan tingkat keterampilan mengelola perasaan siswa antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasilnya tingkat keterampilan subyek penelitian kelompok eksperimen lebih tinggi daripada tingkat keterampilan mengelola perasaan kelompok kontrol. Dengan demikian panduan pelatihan keterampilan mengelola perasaan siswa SMP dapat dijadikan panduan oleh konselor untuk meningkatkan keterampilan mengelola perasaan siswa. Selain itu perlu ada penelitian lebih lanjut dengan melibatkan sampel yang lebih luas agar semakin banyak siswa yang terampil mengelola perasaannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56424

Actions (login required)

View Item View Item