Hubungan antara stres kerja dengan work adjustment pada karyawan PT. Astra Honda Motor di Kota Malang / Adam Dwi Cahyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara stres kerja dengan work adjustment pada karyawan PT. Astra Honda Motor di Kota Malang / Adam Dwi Cahyo

Cahyo, Adam Dwi (2015) Hubungan antara stres kerja dengan work adjustment pada karyawan PT. Astra Honda Motor di Kota Malang / Adam Dwi Cahyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyo Adam Dwi. 2015. Hubungan antara Stres Kerja dengan Work Adjustment pada Karyawan PT. Astra Honda Motor di Kota Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sudjiono S.Pd. M.Si (2) Indah Yasminum Suhanti S.Psi. M.Psi. PT. Astra Honda Motor merupakan perusahaan motor yang terus berkembang dengan pesat. Karyawan dituntut untuk bekerja terus menerus guna memenuhi target perusahaan hal ini menimbulkan beban kerja yang berat dan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat hubungan yang signifikan antara stres kerja dengan kemampuan work adjustment pada karyawan PT. Astra Honda Motor di kota Malang. Keseluruhan jumlah karyawan PT. Astra Honda Motor di kota Malang sebanyak 300 orang yang kemudian diambil sampel dengan metode simple random sampling dan ditemukan bahwa sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 orang karyawan. Skala yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala stres kerja dan juga skala work adjustment. Pada uji reliabilitas diperoleh data bahwa skala stres kerja memiliki nilai reliabilitas sebesar 0 737 sedangkan skala work adjustment memiliki nilai reliabilitas sebesar 0 971. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif. Dari 90 subjek yang diteliti diperoleh data bahwa 72 orang (80%) karyawan memiliki stres kerja tinggi sementara 54 orang (60%) karyawan memiliki tingkat work adjustment tinggi. Pada uji hipotesis yang menggunakan analisis korelasi product moment diperoleh data bahwa nilai rxy -0 536. Sehingga hasil uji analisis korelasi product moment menunjukkan hasil bahwa adanya hubungan yang negatif antara dua variabel. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu hasil uji hipotesis diterima. Artinya stres kerja berhubungan secara signifikan dengan work adjustment pada karyawan PT. Astra Honda Motor di Kota Malang. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan pengembangan skala yang lebih baik lagi pada skala stres kerja dan skala work adjustment. Serta diadakan penelitian kembali dengan memperluas populasi dan jumlah sampel penelitian agar didapatkan hasil yang lebih akurat dan reliabel. Kata Kunci stres kerja work adjustment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56024

Actions (login required)

View Item View Item