Peran panti asuhan Muhammadiyah Al-Amin Putri dalam pengembangan sikap sosial anak asuh di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Churiatun Nisak - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran panti asuhan Muhammadiyah Al-Amin Putri dalam pengembangan sikap sosial anak asuh di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Churiatun Nisak

Nisak, Churiatun (2018) Peran panti asuhan Muhammadiyah Al-Amin Putri dalam pengembangan sikap sosial anak asuh di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Churiatun Nisak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Nisak Churiatun. 2018. Peran Panti Asuhan Muhammadiyah Al-amin Putri dalam Pengembangan Sikap Sosial Anak Asuh di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas ilmu Sosal Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph.D (II) Dr. I Nyoman Ruja S.U. Kata Kunci Peran Panti Asuhan Anak Asuh Sikap Sosial Anak adalah amanah dan anugrah terindah dari Tuhan setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan agar dapat hidup dan tumbuh berkembang. Anak asuh adalah anak yang diasuh oleh seseorang atau lembaga untuk diberikan bimbingan pemeliharaan perawatan pendidikan dan kesehatan. Realisasi pernyataan tersebut dengan berdirinya panti asuhan. Panti asuhan adalah LKSA yang dibentuk oleh masayarakat berbadan hukum maupun nonhukum bertujuan melindungi dan memenuhi kebutuhan hak dasar anak agar terwujud kesejahteraan sosial anak. Namun realitanya terdapat beberapa panti asuhan yang belum memenuhi kebutuhan sosial anak asuh. Sedangkan kebutuhan sosial termasuk hal utama yang memudahkan individu berinteraksi dengan masyarakat membentuk individu yang berkualitas. Sehingga menjadi daya tarik penelti untuk mengkaji kegiatan pengembangan sikap sosial sebagai upaya pemenuhan kebutuhan sosial anak asuh. Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui panti asuhan dalam memahami karakteristik sikap sosial anak asuh peran panti asuhan dalam pengembangan sikap sosial anak asuh dan relevansi antara pengembangan sikap sosial anak asuh Putri dengan pembelajaran mata pelajaran IPS tingkat SMP/Mts kurikulum 2013 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai pengamat penuh dan pengumpul data. Lokasi Penelitian di PAM Al-Amin Putri Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan subjek penelitian berupa informan kunci dan informan pendukung yang dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan analisis data diperoleh beberapa kesimpulan hasil penelitian. Pertama karakteristik sikap sosial anak asuh beragam maka pengasuh dalam memahami sikap sosial mereka dengan menerapkan model parenting skills yaitu kemampuan menjadi orang tua. Kedua peran pengasuh dalam pengembangan sikap sosial anak asuh melalui pendidikan nonformal yaitu kegiatan oswah insidental studi kasus dan muhadhoroh. Ketiga pengembangan sikap sosial sesuai dengan beberapa materi IPS kurikulum 2013 yaitu interaksi sosial pranata sosial dan perkembangan masyarakat Indonesia menjadi Negara maju. Berdasarkan hasil penelitian saran bagi peneliti selanjutnya agar mengkaji mengenai pengaruh konformitas norma terhadap sikap sosial anak asuh. Konformitas adalah suatu bentuk pengaruh sosial dimana individu mengubah sikap dan tingkah lakunya agar sesuai dengan norma sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55954

Actions (login required)

View Item View Item