Studi fenomenologi remaja penggemar budaya populer Jepang di Kota Malang / Haidarul Imron Fathoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi fenomenologi remaja penggemar budaya populer Jepang di Kota Malang / Haidarul Imron Fathoni

Fathoni, Haidarul Imron (2018) Studi fenomenologi remaja penggemar budaya populer Jepang di Kota Malang / Haidarul Imron Fathoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fathoni Haidarul Imron. 2017. Studi Fenomenologi Remaja Penggemar Budaya Populer Jepang Di Kota Malang. Skripsi Prodi Pendidikan IPS. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) I Dewa Putu Ekasasnanda S. Ant. M.A (II) Dr. GM. Sukamto M.Pd. M.Si Kata Kunci Remaja di Kota Malang Pengidolaan Budaya Populer Jepang Fenomenologi Mudah saja bagi negara asing untuk melakukan imperialisme budaya seiring dengan modernisasi yang terjadi di seluruh dunia saat ini khususnya di Indonesia. Salah satu contoh fenomena yang muncul di Indonesia terkait dengan Imperialisme budaya adalah Budaya Populer Jepang (Japanese Pop Culture). Fenomena ini menarik untuk dikaji lebih lanjut pengidolaan budaya populer Jepang di Kota Malang diimplementasikan oleh para remaja dengan cara yang berbeda beda hingga dapat mengubah gaya hidup seorang remaja . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana karakteristik remaja penggemar budaya populer Jepang di Kota Malang (2) Apa bentuk pengidolaan yang dilakukan oleh remaja penggemar budaya populer Jepang di Kota Malangs (3) Apa fungsi pengidolaan bagi remaja penggemar budaya populer Jepang di Kota Malang (4) Apa dampak pengidolaan bagi remaja penggemar budaya populer Jepang di Kota Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan data menggunakan purposive. Informan pendukung yaitu Petugas Bagian Kebudayaan dan Pendidikan Konsulat Jenderal Jepang. Informan kunci yaitu 8 remaja penggemar budaya populer Jepang di Kota Malang. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi partisipatori wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik dari Edmund Husserl dengan tahapan Transkripsi Horizonaliztion Cluster of Meaning dan Reflection.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Remaja laki laki pada fase remaja awal mengidolakan anime sedangkan remaja laki-laki pada fase akhir mengidolakan anime dan idol grub J-pop . Remaja perempuan baik pada fase awal dan akhir hanya mengidolakan anime. (2) Bentuk pengidolaan terhadap budaya populer Jepang dilakukan dengan cara menonton video menghadiri konser menghadiri acara kebudayaan Jepang dan mengoleksi barang yang berhubungan dengan idolanya. (3) Fungsi pengidolaan bagi remaja penggemar budaya populer Jepang di Kota Malang yaitu sebagai inspirasi atau pedoman objek romantisme serta sebagai objek refreshing. (4) Dampak pengidolaan terhadap budaya populer Jepang pada remaja yakni pada cara berfikir moral imajinasi gaya hidup serta masalah sosial. Peneliti menyarankan untuk meneliti tema yang sama dengan penelitian ini tetapi menggunakan pendekatan penelitian yang berebeda dan Tingkat fanatisme remaja penggemar budaya populer Jepang di Kota Malang dalam perspektif teoretik yang berbeda selain itu peneliti selanjutnya juga bisa menggunakan metode penelitian yang berbeda dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55928

Actions (login required)

View Item View Item