Nisak, Munifatin (2017) Kinerja guru dalam implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran IPS di SMPN 04 Kepanjen / Munifatin Nisak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nisak Munifatin. 2017. Kinerja Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS di SMPN 04 Kepanjen. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan IPS. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A Ph.D (2) Dr. I Nyoman Ruja S.U. Kata Kunci Kinerja guru Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru hasil penyempurnaan dari kurikulum KTSP. Salah satu kunci sukses implementasi kurikulum 2013 adalah dengan melihat kinerja guru di sekolah. Pentingnya melihat kinerja guru adalah untuk melihat bagaimana guru menerapkan kompetensi yang dimilikinya guna terselenggaranya pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan peserta didik dan sesuai dengan kurikulum yang sedang diberlakukan. SMPN 04 Kepanjen dipilih sebagai lokasi penelitian karena sekolah ini merupakan sekolah unggul di wilayah Kabupaten Malang. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1). Bagaimana pemahaman guru SMPN 04 Kepanjen terhadap isi tujuan dan pembelajaran mata pelajaran IPS Kurikulum 2013 2). Bagaimana kinerja guru dalam implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran IPS di SMPN 04 Kepanjen 3). Bagaimana kendala dan upaya yang dilakukan oleh guru dalam implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran IPS di SMPN 04 Kepanjen . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara mendalam dokumentasi dan analisis perangkat pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data model interaktif milik Miles Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Guru SMPN 04 Kepanjen telah memahami isi tujuan dan pembelajaran IPS dalam Kurikulum 2013 2). Kinerja guru dalam perencanaan pelaksanaan dan evaluasi kurikulum 2013 mata pelajaran IPS. Pada tahap perencanaan pembelajaran RPP yang dibuat guru sudah sesuai dengan dokumen K13 namun ada salah satu guru tidak membuat RPP dan hanya menggunakan buku guru sebagai pedoman saat mengajar. Pada tahap pelaksanaan guru melaksanakan pembelajaran IPS di kelas secara terpadu tematik didasarkan pada buku pegangan siswa. Pelaksanaan pendekatan saintifik berusaha dilaksanakan oleh guru walaupun tidak seluruhnya dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. Pada tahap evaluasi guru melaksanakan penilaian sikap melalui observasi sikap siswa saat KBM berlangsung yang kemudian di laporkan kepada guru PKN dan Agama sebagai bahan pertimbangan untuk pengetahuan dinilai melalui ulangan harian dan tugas sedangkan keterampilan dinilai melalui tugas proyek dan portofolio walaupun pada pelaksaannya tidak setiap kali pertemuan penilaian dilaksanakan. 3). Ada beberapa kendala yang dirasakan oleh guru saat perencanaan pelaksanaan dan evaluasi namun hal tersebut telah berusaha diatasi oleh guru. Saran untuk guru untuk penguasaan IT yang menjadi salah satu permasalahan guru yang harus ditangani secara pribadi maka guru hendaknya mulai belajar menguasai hal tersebut karena dalam kurikulum 2013 kemampuan IT menjadi suatu hal yang sangat diperlukan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |