Dampak kecanduan game Clash of Clans terhadap hasil belajar siswa SMPN 1 Porong / Mokhammad Ilham Fuady - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak kecanduan game Clash of Clans terhadap hasil belajar siswa SMPN 1 Porong / Mokhammad Ilham Fuady

Fuady, Mokhammad Ilham (2017) Dampak kecanduan game Clash of Clans terhadap hasil belajar siswa SMPN 1 Porong / Mokhammad Ilham Fuady. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fuady Mokhammad Ilham. 2017. Dampak Kecanduan Game Clash Of Clans Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Porong. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) I Dewa Putu Eskasasnanda S.Ant. M.A (II) Dr. I Nyoman Ruja S.U Kata Kunci Game Clash Of Clans Siswa Hasil Belajar Salah satu bentuk hiburan yang berkembang beberapa tahun ini adalah game online. Game online berbasis smartphone ini lebih disenangi anak-anak karena lebih mobile dan dapat dimainkan kapanpun dan di manapun. Jenis game berbasis smartphone salah satunya adalah game clash of clans. Kekhawatiran akibat kecanduan game clash of clans dapat berbahaya bagi pelajar khususnya siswa SMPN 1 Porong. Ketika pelajar menjadi kecanduan game online dan tidak dapat lepas dari smartphone hilangnya konsentrasi belajar dikarenakan memikirkan game saja. Dampak dari hilangnya konsentrasi belajar adalah hasil belajar mereka menjadi menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)Apa yang melatarbelakangi siswa SMPN 1 Porong bermain game clash of clans (2) Bagaimana karakteristik pemain clash of clans di SMPN 1 Porong (3) Bagaimana dampak game clash of clans terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1 Porong Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data terdiri dari pengamatan (observasi) wawancara mendalam dokumentasi dan studi pustaka. Informan dalam penelitian ini adalah informan pendukung yaitu guru BK dan guru IPS serta informan kunci adalah siswa yang kecanduan game clash of clans dan guru/wali kelas dari siswa yang kecanduan game clash of clans. Analisis data menggunakan teknik analis data model interaktif Miles Huberman. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa bermain game clash of clans di latar belakangi oleh pengaruh teman saudara rasa ingin tahu kesepian update berkala dan keberadaan wifi di sekolah Karakteristik pemain game clash of clans adalah laki-laki pemain lebih bangga ketika mendapat kenaikan jabatan. Rata-rata pemain game clash of clans setiap hari bermain selama 2-3 jam. Hasil belajar siswa yang kecanduan game clash of clans adalah rata-rata dan di atas rata-rata. Siswa yang dapat mengendalikan dan tahu waktu kapan belajar serta bermain hasil belajarnya di atas rata-rata begitu sebaliknya. Mereka tergolong siswa yang pandai meskipun mereka salah satu anak yang kecanduan game clash of clans. Bagi peneliti yang akan datang agar dapat membahas peran serta sekolah dalam upaya mengatasi kecanduan game online khususnya game online berbasis smartphone di kalangan siswa. Game berbasis smartphone sangat mudah dibawa kemana saja dan dimainkan kapan saja. Mengingat pengaruh game terhadap siswa sangat mengganggu konsentrasi siswa yang berakibat menurunnya hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55892

Actions (login required)

View Item View Item