Pengaruh game online sebagai media hiburan terhadap mahasiswa Universitas Negeri Malang / Muhammad Zakaria - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh game online sebagai media hiburan terhadap mahasiswa Universitas Negeri Malang / Muhammad Zakaria

Zakaria, Muhammad (2017) Pengaruh game online sebagai media hiburan terhadap mahasiswa Universitas Negeri Malang / Muhammad Zakaria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zakaria Muhammad. 2016. Pengaruh Game Online sebagai Media Hiburan Terhadap Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Skripsi.Program Studi PendidikanIlmuPengetahuanSosial FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) I Dewa Putu Eskasasnanda S.Ant. M.A. (II) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph.D. Kata Kunci GameOnline Mahasiswa Motivasi Manusia merupakan makhluk yang membutuhkan hiburan. Gameonline merupakan salah satu media hiburan yang sekarang lagi berkembang. Perkembangan gameonline merubah manusia dalam mencari hiburan. Game sebagai teknologi berhubungan dalam membentuk budaya dan mempengaruhi perubahan sosial pada manusia. Perkembangan teknologi mempengaruhi bentuk permainan yang dimainkan oleh anak-anak/remaja yang berdampak pada kecanduan. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana sejarah perkembangan game online 2) Bagaimana popularitasgame online 3) Bagaimana motivasi pecandugame online dalam bermain game online 4) Apa saja pengaruh game online terhadap mahasiswa pecandu gameonline Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Malang dengan dengan mahasiswa UM sebagai informan yang dipilih secara purposif. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi pendukung wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil analisis data ada beberapa kesimpulan sebagai berikut pertama Perubahan bentuk permainan karena adanya inovasi produsen game yang mengembangkan kualitas gamenya. Game modern sendiri merupakan penemuan baru(inovasi) berlanjut ke tahap discovery hingga tahap invention. penemuan tersebut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan perubahan sosial dan kebudayaan pada manusia. Kedua gameonline populer karena merupakan media baru yang menarik minat manusia untuk bermain game dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi dan membentuk komunitas dalam game. kepopuleran gameonline didukung dengan tersebarnya gameonline melalui warnet yang banyak dibangun di Indonesia. Ketiga Motivasi bermain gameonline saat pertama kalinya merupakan sarana manusia dalam memenuhi kebutuhan rasa ingin tahu selanjutnya ketika manusia sudah terbiasa bermain gameonline merupakan pemenuhan kebutuhan estetik. Keempat Bermain gameonline berdampak buruk terhadap fisik manusia dan dapat menyebabkan sakit seperti pusing lemas susut berat badan mual dehidarasi dll. Secara psikis dan perilaku bermain gameonline mempunyai pengaruh tergantung dari unsur game dan manusia yang bermain game tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55879

Actions (login required)

View Item View Item