Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan media pop up book android pada materi interaksi sosial kelas X IIS di SMA Negeri 1 Sumberpucung / Vidiah Salatin Ratiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan media pop up book android pada materi interaksi sosial kelas X IIS di SMA Negeri 1 Sumberpucung / Vidiah Salatin Ratiningsih

Ratiningsih, Vidiah Salatin (2018) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan media pop up book android pada materi interaksi sosial kelas X IIS di SMA Negeri 1 Sumberpucung / Vidiah Salatin Ratiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ratiningsih Vidiah Salatin. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Media Pop Up Book Android pada Materi Interaksi Sosial Kelas X IIS di SMA Negeri 1 Sumberpucung. Skripsi Jurusan Sosiologi Prodi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Nur Hadi M.Pd M.Si. Kata Kunci Peningkatan Hasil Belajar Penerapan Media Pop Up Book Interaksi Sosial Proses pembelajaran merupakan usaha yang dilakukan oleh guru dengan tujuan untuk membantu siswa dalam belajar. Salah satu usaha yang dilakukan oleh seorang pembelajar haruslah kreatif dan inovatif dalam mengolah pembelajaran di kelas agar selalu menarik dan membuat siswa dapat memahami materi yang disampaikan. Dalam menciptakan pembelajaran yang menarik adalah dengan menghadirkan bahan ajar dan media pembelajaran yang inovatif. Oleh karena itu sangat diperlukan media pop up book untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dengan menerapkan media pop up book yang kreatif dan mampu mengaktifkan belajar siswa di kelas diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa merupakan puncak pada proses belajar hasil belajar terjadi karena adanya evaluasi dari guru. Hasil belajar dalam penelitian ini dilihat dari nilai hasil evaluasi pada siklus I dan siklus II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan media pop up book pada materi interaksi sosial kelas X IIS di SMAN 1 Sumberpucung 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran sosiologi melalui penerapan media pop up book pada materi interaksi sosial kelas X IIS di SMAN 1 Sumberpucung . Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan proses belajar siswa melalui penerapan media pop up book pada materi interaksi sosial kelas X di SMAN 1 Sumberpucung 2) Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran sosiologi melalui penerapan media pop up book pada materi interaksi sosial kelas X di SMAN 1 Sumberpucung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan diantaranya yaitu 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Observasi dan 4) Refleksi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu kelas X IIS 4 SMA Negeri 1 Sumberpucung. Proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media pop up book telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditandai pada rata-rata pada saat pratindakan sebesar 66 67% kemudian nilai rata-rata klasikal siswa pada siklus I adalah 83 dengan persentase ketuntasan sebesar 84 85% dengan 28 siswa yang tuntas dari 33 siswa dan pada siklus II adalah 92 dengan persentase ketuntasan sebesar 100% dengan 33 siswa yang tuntas sehingga selisih peningkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 15 15%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pop up book pada materi interaksi sosial dapat terlaksana dengan baik serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55800

Actions (login required)

View Item View Item