Wahyuningtyas, Ari Rizky (2018) Pengembangan media pembelajaran Sosiologi berbasis focusky pada materi Integrasi Sosial kelas XI IPS / Ari Rizky Wahyuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Wahyuningtyas Ari Rizky. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Sosiologi Berbasis Focusky Pada Materi Integrasi Sosial Kelas XI IPS. Skripsi Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Nur Hadi M.Pd M.Si Kata Kunci media pembelajaran Focusky penelitian pengembangan Di dalam pelaksanaan proses belajar mengajar guru harus dapat melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dilakukan oleh guru untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran sosiologi yaitu dengan penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Guru juga harus mengetahui bagaimana cara agar siswa tersebut bisa nyaman dalam belajar dan tidak membosankan. Guru bisa menggunakan media focusky yang di desain dengan tampilan yang menarik dan dapat membuat siswa minat belajar sosiologi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan media pembelajaran sosiologi berbasis focusky pada materi integrasi sosial di kelas XI IPS dan menganalisis kelayakan atau keefektifan hasil pengembangan media pembelajaran sosiologi berbasis focusky. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan Research and Development (R D). Penelitian pengembangan adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada dan dapat dipertanggungjawabkan. Penelitian ini menggunakan pedoman penelitian pengembangan menurut Borg and Gall yang disederhanakan oleh Nana Syaodih Sukmadinata yang memiliki 10 langkah dalam prosedur pengembangannya. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Malang pada kelas XI IPS 1-4 yang berjumlah 80 siswa dengan menggunakan rancangan penelitian uji coba skala kecil dan skala besar. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa media pembelajaran sosiologi berbasis focusky yang dibuat dengan kombinasi gambar video dan soal latihan. Media ini mendapat penilaian kualifikasi yang baik karena berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai dari ahli media 92% nilai dari ahli materi 81% nilai dari ahli bahasa 84% nilai dari guru mata pelajaran sosiologi 88% nilai uji coba skala kecil 91% dan nilai dari uji coba skala besar 85%. Jadi media pembelajaran sosiologi berbasis focusky yang telah dikembangkan ini dapat memotivasi siswa untuk belajar sosiologi di kelas bersama guru maupun untuk belajar sendiri di rumah dengan menggunakan latihan soal yang juga sudah diberikan dalam media tersebut. Media focuky layak digunakan sebagai media pembelajaran sosiologi untuk kelas XI IPS di SMAN 2 Malang dengan materi integrasi sosial. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mengahsilkan produk yang menarik dan mudah digunakan dalam pembelajaran berupa media pemebalajaran sosiologi berbasis focusky untuk siswa kelas XI IPS 1-4 yang sudah diujicobakan dan dinyatakan valid dan dapat digunakan untuk pembelajaran. Penulis berharap agar guru dapat menerapkan beberapa media pembelajaran yang lebih bervariasi salah satunya dengan media focusky atau media lain yang sesuai dengan karakteristik siswa agar antusias siswa pada pembelajaran yang diterimanya tidak akan mengalami penurunan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55795 |
Actions (login required)
View Item |