Dewi, Sofa Kusuma (2018) Etnografi kelas dalam penguasaan materi siswa pada mata pelajaran sosiologi (studi kasus pemerlakuan unit kegiatan belajar mandiri di SMA Negeri 2 Malang) / Sofa Kusuma Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dewi Kusuma Sofa. 2018. Etnografi Kelas dalam Penguasaan Materi Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi (Studi Kasus Pemberlakuan UKBM di SMA Negeri 2 Malang). Skripsi. Program Studi Pendidikan Sosiologi. Jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Nur Hadi M. Pd. M. Si Kata Kunci Etnografi Kelas Penguasaan Materi UKBM Etnografi kelas ini mengandung sebuah unsur-unsur yang memuat keanekaragaman kegiatan guru siswa dan juga lingkungan di kelas maupun sekolah itu sendiri. Segala aktivitas dan tingkah laku dalam berinteraksi yang terjadi didalam kelas pada saat proses pembelajaran UKBM berlangsung. UKBM merupakan suatu unit kegiatan belajar yang disusun secara berurutan dari yang mudah menjadi yang sulit untuk menumbuhkan pemikiran yang kritis bertindak kreatif bekerjasama dan berkomunikasi. Perolehan dari UKBM telah dituangkan dalam karakteristik soal UKBM yang mana terdapat cangkupan C4 C5 dan C6. Tujuan Penelitian ini adalah menggambarkan secara mendalam etnografi kelas dalam penguasaan materi siswa pada saat proses pembelajaran UKBM berlangsung serta hasil dari UKBM itu sendiri tetapi tidak hanya itu saja hasil pengerjaan dari UKBM di SMAN 2 Malang pula. Prosedur penelitian ini terdapat 11 alur dalam menjalankan UKBM diantaranya Pemetaan KD PROTA PROSEM penyusunan silabus penyusunan RPP Penentuan jumlah UKBM Pengkodean UKBM Pengembangan UKBM Penilaian UKBM implementasi UKBM Penilaian hasil belajar UKBM. Dari ke 11 alur tersebut pada penelitian ini dikerucutkan menjadi perencanaan pelaksanaan dan Evaluasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Etnografi. Waktu penelitian selama 3 bulan yang mana observasi masuk kelas dilakukan selama 2 minggu berturut-turut dengan lima kelas X IPS yang dapat dijumlah observasi kelas dalam satu kelasnya sebanyak 4 kali. Wawancara dilakukan 10 siswa setiap kelasnya dengan katagori pintar sedang dan malas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rangkaian pembelajaran guru sesuai dengan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuatnya tetapi didalam pengimplementasian pada siswa kurang menguasai kelas dan belum terlalu faham karakteristik dan gaya belajaran setiap siswa dan per kelasnya. Sehingga didalam pemberlakuan UKBM dalam proses pembelajarannya diberikan guru kepada siswa secara formalitas saja. Dalam pelaksanaannya akan menghasilkan kelompok siswa yang pintar sedang dan malas atau cepat sedang dan lambat. Pada akhirnya terdapat mayoritas siswa yang malas dan kurang menguasai materi. Dampak yang terjadi setelah proses pembelajaran adalah banyak siswa yang lambat ini menyontek temannya yang berdampak pada pengerjaan UKBM dimana jawabannya sama padahal rata-rata soal UKBM berkonsep C4 C5 dan C6. Sehingga dalam hasil nilai UKBM ini kurang terlihat maksimal sesuai dengan tujuan pembelajaran. Berdasarkan kesimpulan diatas disarankan guru telaten untuk memahami siswa disiplin waktu sekreatif mungkin dan memperbanyak soal-soal materi agar berkembangnya siswa yang sudah pintar serta meminimalisisr adanya pencontekan pada pengoreksian yang jawabannya sama diberikan soal yang berbeda-beda stiap siswanya. Selain itu pengkondusifkan kelas bangku dapat dibentuk huruf U.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55782 |
Actions (login required)
View Item |