Identitas Perempuan sebagai Kepala Keluarga (PEKKA) di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi / Himmiyatul Amanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Identitas Perempuan sebagai Kepala Keluarga (PEKKA) di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi / Himmiyatul Amanah

Amanah, Himmiyatul (2018) Identitas Perempuan sebagai Kepala Keluarga (PEKKA) di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi / Himmiyatul Amanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amanah Himmiyatul. 2018. Identitas Pada Perempuan Sebagai Kepala Keluarga (PEKKA) Di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Skripsi. Jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Anggaunitakiranantika M. Sosio. Kata Kunci Perempuan Identitas. Kecamatan Muncar terletak di Kabupaten Banyuwangi adalah salah satu kecamatan dengan jumlah penduduk terbesar di Kabupaten Banyuwangi. Hal tersebut juga memicu banyaknya jumlah perempuan sebagai kepala keluarga (PEKKA) sejumlah 691 jiwa terbagi dalam dua desa yaitu Desa Tapanrejo sejumlah 364 jiwa dan Desa Tambakrejo sejumlah 327 jiwa. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana identitas yang terbentuk pada Perempuan sebagai Kepala Keluarga (PEKKA) di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi (2) Bagaimana peran Perempuan sebagai Kepala Keluarga dalam melaksanakan fungsi keluarga di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi (3) Bagaimana konstruksi sosial yang terbentuk mengenai Perempuan sebagai Kepala Keluarga (PEKKA) pada masyarakat di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode naratif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan wawancara dan dokumen. Hasil dari penelitian (1) Identitas yang terbentuk pada perempuan sebagai kepala keluarga (PEKKA) terdapat perbedaan antara yang baru menjadi PEKKA dan yang sudah lama menjadi PEKKA. Perbedaannya pada pemahaman peran dan identitas. (2) Pemenuhan kebutuhan keluarga (fungsi ekonomi) dan banyaknya anak kurang kasih sayang yang menyebabkan anak menjadi nakal. (3) Konstruksi sosial yang terbentuk dalam masyarakat adalah keluarga yang dikepalai perempuan hidup dibawah garis kemiskinan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu perempuan sebagai kepala keluarga (PEKKA) di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi mengalami pergeseran peran dan status.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55778

Actions (login required)

View Item View Item