Resiliensi petani di daerah rawan banjir Desa Kedungboto Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Izzatu Lillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Resiliensi petani di daerah rawan banjir Desa Kedungboto Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Izzatu Lillah

Lillah, Izzatu (2018) Resiliensi petani di daerah rawan banjir Desa Kedungboto Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Izzatu Lillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lillah Izzatu. 2018. Resiliensi Petani di Daerah Rawan Banjir Desa Kedungboto Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Sosiologi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Abdul Latif Bustami M.Si. Kata Kunci Petani Rawan Banjir Resiliensi Keadaan alam Desa Kedungboto secara umum sekitar 75 2 hektar lahan pertanian atau sekitar 71 persen dari luas wilayah Desa. Lahan pertanian Desa tersebut beririgasi dari Sungai Wrati dan Pagak yang merupakan daerah banjir sehingga sawah ditanami hanya satu tahun sekali. Kondisi alam yang telah dipaparkan menuntut petani untuk beradaptasi dan membuat pola-pola tertentu yang diistilahkan dengan resiliensi. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan karakteristik petani Desa Kedungboto serta resiliensi petani di daerah rawan banjir Desa kedungboto Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Kualitatif deskriptif merupakan rancangan yang digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara serta dokumentasi. Dalam penelitian ini analisis data terbagi menjadi reduksi data display data dan verifikasi data sebagai proses akhir mendeskripsikan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa karakteristik petani di Desa Kedungboto berdasarkan umur tingkat pendidikan lama bertani luas lahan dan status kepemilikan lahan pertanian seluruh informan adalah petani yang dapat dikategorikan sebagai individu yang resilien. Kemampuan resiliensi yang dilakukan petani di Desa Kedungboto terjadi karena berbagai faktor. Daerah rawan banjir merupakan faktor resiko dalam resiliensi yang dilakukan petani di Desa Kedungboto dan menunjukkan mereka mampu bertahan di keadaan yang sulit atau merupakan faktor pelindung dalam resiliensi. Karena banjir terjadi setiap tahunnya dan mengurangi hasil panen petani disarankan bagi Pemerintah Kabupaten Pasuruan untuk merealisasikan program asuransi pertanian bagi petani Desa Kedungboto.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55773

Actions (login required)

View Item View Item