Sistem kurikulum pondok pesantren Queen Al-Falah Ploso Kediri dalam eran modern (1995-2013) / Yunia Ardianti Efendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem kurikulum pondok pesantren Queen Al-Falah Ploso Kediri dalam eran modern (1995-2013) / Yunia Ardianti Efendi

Efendi, Yunia Ardianti (2015) Sistem kurikulum pondok pesantren Queen Al-Falah Ploso Kediri dalam eran modern (1995-2013) / Yunia Ardianti Efendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Efendi Yunia Ardianti. 2014 Sistem Kurikulum Pondok Pesantren Queen Al Falah Ploso Kediri dalam Era Modern (1995 2013). Skripsi Jurusan Sejarah Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mashuri M.Hum. (II) Drs. Kasimanuddin Ismain M. Pd Kata kunci Pesantren modernisasi kurikulum 12288 12288 12288 12288 Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan diakui mempunyai andil yang cukup besar di dalam membesarkan dan mengembangkan dunia pendidikan. Pondok pesantren yang ada sekarang pada umumnya telah mengalami perubahan dari dampak modernisasi. 12288 12288 12288 12288 Salah satu bentuk perubahan pengelolaan pondok pesantren adalah munculnya pondok pesantren modern yang menggabungkan antara unsur-unsur pendidikan Islam tradisional yang identik dengan kitab-kitab klasik dengan pendidikan Islam modern yang menggunakan sistem dan metode yang modern. Salah satu pondok pesantren yang menggunakan sistem pendidikan pondok modern adalah Pondok Pesantren Queen Al-Falah yang terletak di Ploso Mojo Kediri. Penulis mengadakan penelitian di Pondok Pesantren Queen Al-Falah dengan judul Sistem kurikulum Pondok Pesantren Queen Al Falah Ploso Kediri dalam Era Modern (1995 2013). 12288 12288 12288 12288 Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilaksanakan demi terwujudnya sistem kurikulum pesantren selain itu mengetahui kendala yang mempengaruhi peningkatan profesionalisme santri untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Queen Al-Falah dalam meningkatkan profesionalisme santri 12288 12288 12288 12288 Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian sejarah. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan metode penulisan sejarah yaitu berupa data-data tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat sebenarnya. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan di sini bahwasanya upaya mewujudkan kurikulum pesantren dengan menggunakan metode-metode pembelajaran pesantren dan meningkatkan profesionalisme santri adalah melalui program pendidikannya yang terdiri dari pendidikan formal dan pendidikan agama sistem organisasi yang teratur di pondok Pesantren Queen Al-Falah perekrutan pengurus program pengembangan kurikulum. Sedangkan faktor kendalanya adalah faktor tenaga pengajar faktor santri faktor wali santri/siswi faktor organisasi dan faktor lingkungan. Upaya yang dilakukan oleh Pesantren Queen Al-Falah dalam meningkatkan profesionalisme santri adalah menyediakan fasilitas pendidikan dan fasilitas lainnya yang mendukung secara memadai memberikan pembekalan life skill melalui kegiatan ekstrakurikuler mengadakan diklat dan pelatihan ataupun seminar bagi semua guru baik guru formal guru diniyah maupun guru murottil qur an dan pelatihan diklat dan seminar bagi para santri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55763

Actions (login required)

View Item View Item