Mu'adib, Azharul (2015) Pengembangan media VCD pembelajaran matematika materi teorema pythagoras untuk siswa kelas VIII semester 1 di SMPLBN 1 Kepanjen Kidul Blitar / Azharul Mu'adib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mu adib Azharul. 2011. Pengembangan Media VCD Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras Untuk Siswa Kelas VIII Semester 1 di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri 1 Kepanjenkidul Blitar. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Zainul Abidin M. Pd (II) Eka Pramono Adi S.I.P. M.Si Kata Kunci Pengembangan VCD Pembelajaran Matematika SMPLB Kelas VIII. Guru mengalami kesulitan untuk mengajarkan matematika kepada siswa yang tingkat ketunarunguannya berbeda-beda mengajarkan materi yang bersifat abstrak mengajar matematika dengan fasilitas yang sangat terbatas mengajar matematika dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa tunarungu dan mengajar matematika dengan menggunakan bahan ajar umum. Usaha yang telah dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan pada saat mengajar adalah menggunakan bahasa yang sederhana pada saat menjelaskan matematika mempelajari dan memperdalam materi yang akan diajarkan menggunakan media pembelajaran yang ada di lingkungan sekitar memahami satu persatu karakter siswa dan sebelum mengajar guru membuat contoh-contoh nyata untuk menjelaskan konsep matematika serta mengkonstruksi materi agar lebih mudah untuk dijelaskan kepada siswa. Tujuan dari pengembangan media VCD Pembelajaran ini adalah untuk menghasilkan suatu produk yaitu media pembelajaran berupa video pembelajaran Matematika yang bertujuan untuk mempermudah guru dalam kegiatan belajar mengajar matematika siswa SMP kelas 2 dengan tema Teorema Phytagoras di SMPLBN 01 Kepanjen kidul Blitar. Pengembangan media VCD Pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Sadiman. Model pengembangan Sadiman terdiri dari Sembilan langkah yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (6) produksi (7) validasi yang terdiri dari validasi ahli media ahli materi dan audiens (8) revisi dan (9) media siap digunakan. Hasil pengembangan media VCD pembelajaran Matematika untuk siswa Kelas VIII SMPLBN 1 Kepanjen Kidul Blitar ini telah divalidasi oleh ahli media ahli materi dan audiens (siswa). Berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh total persentase 99 30%Sedangkan hasil validasi ahli materi diperoleh total persentase 93 05 %Untuk hasil validasi audiens total persentase untuk uji coba perseorangan 92.50% uji coba kelompok kecil 87 50% uji coba lapangan 96 25%. Hal ini menunjukkan bahwa media VCD pembelajaran ini valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran Matematika valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil dari validasi dapat disimpulkan bahwa media VCD Pembelajaran Matematika ini valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas VIII semester 1. Produk pengembanngan ini dapat digunakan sebagai pelengkap bagi guru Matematika Kelas VIII dalam memberikan materi (1) sisi-sisi garis miring atau hipotenusa dari bangun datar Segi Empat dan Segitiga (2) Luas Persegi/Segi Empat dan Luas Segitiga(3) Materi bilangan Kuadrat dan Akar Kuadrat (4)Materi Teorema Phytagoras.. Peran guru juga dibutuhkan untuk menjelaskan lebih lengkap tentang materi diatas agar pembelajaran dapat berjalan lebih baik sehingga tujuan pembelajaran yang ditargetkan bisa tercapai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/556 |
Actions (login required)
View Item |