Sadewa, Mochamad (2019) Penggunaan suplemen lembar kerja siswa dengan materi kontekstualisasi peristiwa aktual untuk meningkatkan berpikir kritis pada mata pelajaran sejarah di Kelas IPS C/16 SMA Negeri 1 Singosari / Mochamad Sadewa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Sadewa Mochamad.2018. Penggunaan Suplemen Lembar Kerja Siswa dengan Materi Kontekstualisasi Peristiwa Aktual Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas IPS C/16 SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Najib Jauhari S.Pd. M.Hum. Kata Kunci Lembar Kerja Siswa (LKS) Peristiwa Aktual Berpikir kritis. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan dengan Ibu Novita selaku guru mata pelajaran sejarah kelas IPS C/16 SMAN 1 Singosari guru menemukan permasalahan mengenai kemampuan berpikir kritis. Hal ini terjadi pada siswa yang kurang mampu dalam memberikan argumen. Misalnya siswa memberikan argumen yang kurang logis relevan dan akurat dengan pertanyaan yang diberikan oleh guru pada saat ujian lisan. Selain itu peneliti menemukan permasalahan lain mengenai kondisi siswa dalam menerima argumen. Siswa kurang terbuka dengan argumen yang disampaikan oleh temannya serta kurang menghargai keragaman data dan pendapat pada saat diskusi. Hal tersebut membuat sebagian siswa tidak memiliki kesempatan untuk (1) merumuskan permasalahan (2) mengungkapkan fakta (3) memilih argumen (4) memberikan alternatif pendapat dan (5) menyelesaikan masalah dari suatu pernyataan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memaparkan proses keberhasilan dan peningkatan berpikir kritis melalui penggunaan suplemen Lembar Kerja Siswa dengan materi kontekstualisasi peristiwa aktual di kelas IPS C/16. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadopsi model dari Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas Identifikasi masalah Perencanaan Tindakan Observasi dan Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan tiga pertemuan pada masing-masing siklusnya. Data yang diperoleh berasal dari Observasi Wawancara Dokumentasi dan Tes berpikir kritis. Setelah data terkumpul analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selain itu analisis kuantitatif juga digunakan untuk mengetahui presentase berpikir kritis siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai berpikir kritis siswa pada siklus 1 yaitu 69 4 sedangkan pada tahap pra-siklus rata-rata nilai berpikir kritis siswa adalah 65 7. Dengan demikian pada tahap pra-siklus menuju siklus I siswa mengalami peningkatan yang tidak terlalu signifikan yaitu 3 6% kemudian rata-rata nilai berpikir kritis pada siklus II yaitu 77 6. Nilai rata-rata pada siklus II menunjukkan peningkatan dari siklus I sebesar 8 1% dan nilai tersebut telah mencapai kriteria ketuntasan minimal. Dapat disimpulkan bahwa LKS dengan materi peristiwa aktual dapat meningkatkan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian tentang peningkatan berpikir kritis dengan mengunakan LKS dengan materi kontekstualisasi peristiwa aktual peneliti memberikan saran yaitu bahwa guru harus mampu menemukan peristiwa aktual yang mampu dijangkau oleh pengalaman yang dimiliki siswa secara umum.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55383 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |