Muhammad, Denny Affandi (2018) Pembuatan sparkol video scribe sebagai media pembelajaran sejarah tentang pahlawan Indonesia pada mata pelajaran sejarah di tingkat SMA / Denny Affandi Muhammad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Muhammad Denny Affandi. 2018. Pembuatan Sparkol Video Scribe Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Tentang Pahlawan Indonesia Pada Mata Pelajaran Sejarah di Tingkat SMA. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Joko Sayono M.Pd. M.Hum. Kata kunci Pengembangan Media Sparkol Video Scribe Perjuangan Pahlawan Perkembangan teknologi informasi berbasis elektronik terutama pada sistem komputerisasi banyak sekali program-program atau media yang dapat digunakan dalam menunjang proses kegiatan belajar. Power point macromedia flash video player dan masih banyak yang lainnya merupakan contoh program pada komputer yang sering digunakan dalam menyalurkan informasi pembelajaran kepada peserta didik saat ini. Hadirnya teknologi semacam ini tidak lain adalah dalam rangka mempermudah dan menjadikan lebih menarik dalam kegiatan proses mengajar. Sparkol Video Scribe adalah salah satu software yang digunakan untuk menambahkan berbagai macam gambar dan tulisan kata-kata serta desain animasi pada layar yang berlatar putih untuk menjelaskan suatu konsep. Sumber pembelajaran sejarah dalam bentuk media Sparkol Video Scribe sangatlah jarang diaplikasikan. Kebanyakan sumber pembelajaran sejarah masih didominasi dengan buku. Tujuan penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mengembangkan media pembelajaran sejarah berbasis Sparkol Video Scribe. Kemudian untuk menambah bentuk sumber pembelajaran sejarah yang menarik dan inovatif. Model penelitian yang digunakan adalah pengembangan yang telah dimodifikasi. Terdiri dari potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain dan produksi akhir. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli media dan ahli materi. Produk yang dihasilkan adalah video animasi gambar berjalan. Pembuatan video ini menggunakan program Sparkol Video Scribe tentang pembelajaran sejarah perjuangan pahlawan yang disesuaikan dengan Kompetensi Inti (KI) 3 dan Kompetensi Dasar (KD) 3.7 dan 3.8. Pada KD 3.7 yakni menganalisis respon bangsa Indonesia terhadap imperialisme dan kolonialisme dalam bidang politik (organisasi pergerakan) ekonomi (bentuk perlawanan terhadip praktik monopoli) sosial-budaya (karya seni dan sastra) dan pendidikan (Taman Siswa Kayu Tanam). Kemudian pada KD 3.8 yaitu menganalisa akar-akar nasionalisme Indonesia dan pengaruhnya pada masa kini. . Produk ini memiliki durasi 21 menit 27 detik. Produk yang ditampilkan memiliki unsur Audio Visual berupa kombinasi antara gambar dengan tulisan yang dipadukan dengan iringan musik. Sparkol Video Scribe sendiri memiliki ciri khas yaitu layar gerak animasi prentasi dengan objek berupa tangan yang sedang menulis dan menggambar pada bidang tanpa batas akan tetapi terdapat pula pemilihan bentuk objek selain tangan. Hasil uji validasi media menunjukkan rata-rata persentase sebesar 70%. Sedangkan hasil uji validasi materi menunjukkan rata-rata persentase sebesar ii 80%. Dapat disimpulkan bahwa dengan hasil uji validasi yang dilakukan oleh validator media dan materi menunjukkan produk yang dikembangkan berada dalam kategori efektif atau menarik untuk diterapkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55367 |
Actions (login required)
View Item |