Pengembangan media pembelajaran komik sejarah pada materi Perang Jawa untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMAN 1 Lawang / Achmad Nasor - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran komik sejarah pada materi Perang Jawa untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMAN 1 Lawang / Achmad Nasor

Nasor, Achmad (2018) Pengembangan media pembelajaran komik sejarah pada materi Perang Jawa untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMAN 1 Lawang / Achmad Nasor. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Achmad Nasor. 2018.Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sejarah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lawang. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum. Kata Kunci Media pembelajaran Komik Sejarah Perang Jawa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran sejarah yang ada di SMA Negeri 1 lawang kususnya pada kelas XI IPS 2 yang mana pembelajaran berlangsung secara kurang maksimal. Dalam suatu proses pembelajaran ditemui kasus siswa kurang memperhatikan penjelasan guru saat pelajaran berlangsung. Minat belajar siswa terhadap pelajaran sejarah terhitung rendah. Hasil observasi dan wawancara menyebutkan bahwa diantara penyebabnya ialah penggunaan media pembelajaran yang minim dan pembelajaran cenderung satu arah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media pembelajaran Komik Sejarah Perang Jawa yang Valid/Layak yang meliputi (a) Ciri-ciri media pembelajaran (b) Kriteria media pembelajaran. Tujuan selanjutnya adalah (2) Meningkatkan minat belajar sejarah menggunakan Media Pembelajaran Komik Sejarah Perang Jawa meliputi (a) Apasaja Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa (b) Bagaimana ciri-ciri siswa yang memiliki minat belajar. Penelitian ini bertempat di SMA Negeri 1 Lawang dengan menggunakan satu kelas yaitu kelas XI IPS 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Analysis Design Development Implementation Evaluation (ADDIE). Uji lapangan dilaksanakan di SMA Negeri 1 lawang. langkah-langkah penelitia (1) analisis kebutuhan (2) analisis lingkungan belajar (3) pengembangan media (4) validasi produk (5) revisi dan penyempurnaan (6) Produksi (7) implementasi yang meliputi uji coba kelompok kecil uji coba kelompok besar dan uji coba untuk mengetahui peningkatan minat terhadap pelajaran sejarah. Dalam proses pengembangannya produk ini telah melalui uji coba dengan hasil validasi dari ahli materi menunjukkan persentase sebesar 90 9% dengan kriteria valid dan 79% dari ahli media dengan kriteria valid. Dari uji coba yang dilakukan kepada kelompok kecil menunjukkan persentase sebesar 87 5% dengan kriteria valid dan 84% dari uji kelompok besar dengan kriteria valid. Kemudian terdapat kenaikan presentase minat siswa terhadap pelajarah Sejarah dilihat dari data hasil angket yaitu menunjukkan nilai rata-rata sebelum menggunakan produk sebesar 53% (kategori minat rendah) dan hasil sesudah perlakuan setelah menggunakan produk sebesar 79% (kategori minat tinggi). Dalam pemanfaatannya Komik Sejarah diharapkan dapat membantu meringankan siswa dalam memahami aspek ruang waktu serta manusia itu sendiri sebagai pelaku sejarah. Konsep Komik yang merupakan kumpulan gambar disertai dengan percakapan dan narasi diharapkan dapat memberikan gambaran terhadap peristiwa sejarah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55314

Actions (login required)

View Item View Item