Pengembangan modul tokoh sejarah Tan Malaka pada kelas XI IPS di SMAN 1 Tumpang / Kepi Agung Megantoto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul tokoh sejarah Tan Malaka pada kelas XI IPS di SMAN 1 Tumpang / Kepi Agung Megantoto

Megantoto, Kepi Agung (2018) Pengembangan modul tokoh sejarah Tan Malaka pada kelas XI IPS di SMAN 1 Tumpang / Kepi Agung Megantoto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK M. Agung Kepi. 2017. PengembangaModulTokohSejarah Tan MalakaPadaKelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tumpang.Skripsi JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang.Pembimbing NajibJauhari S.Pd M. Hum. Kata Kunci Modul TokohSejarah Tan Malaka. Modulmerupakansatuanprogambelajarmengajar yang terkecil yang di pelajariolehsiswasecaramandiriatauperseorangan.Modulyang di gunakanuntukmembantu guru dalammelaksanakan proses pembelajaran. Sedangkandalam proses penggunaan guru biasanyamenyesuaikandengantujuan yang ingin di capainya.Secaragarisbesarbahanajarmempunyaifungsiuntukmengarahkansemuaaktivitas guru dalam proses pembelajaransekaligusmerupakansubtansikompetensi yang seharusnya di ajarkanpadasiswadansebagaialatevaluasipencapaianhasilpembelajran. Dalammodulitusendiribiasanya di lengkapidengansebuahevaluasigunauntukmengukurpenguasaandankompetensitujuanpembelajaran.Selamainimodul yang di gunakandalam proses pembelajaranoleh gurumatapelajaransejarahbelumpernahmembahastentangtokoh Tan Malaka di SMAN 1 Tumpang. Olehsebabitupenelitimengembangkanmodulpembelajaran.Adapunmodul yang di kembangkanberupamodultokohsejarah Tan Malaka. Bahan ajar ini di kemasdalambentukmodul yang mudah di gunakanolehparasiswa.Adapuntujuandaripengembanganbahan ajar inisupayasiswa bias lebihmengenalsiapa Tan Malaka di karenakandalambuku-buku yang ada di sekolahdandalammatapelajaransejarahnama Tan Malakatidakpernah di sebutkandan di ajarkanoleh guru matapelajaran. Dengan di kembangkanyabahan ajar ini di harapkanbaikdarisiswa guru dansekolahdapatmemahamibahwatokoh Tan Malakamempunyaiperanpentingdalamsejarah. Berdasarkanhasildarivalidasiahlimateridanahlimodul di perolehhasilpresentase dariahlimaterisebesar 92% dan 84% dariahlimodul. Dari ujicoba di kelas XI IPS SMAN 1 Tumpang kelompokkecil di dapatkanpresentase 82 75% sedangkanujicobakelompokbesar di perolehpresentase 89 21%. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwabahanajarmodultokohsejarah Tan Malakainisangatlayak di gunakansebagaibahan ajar di dalamkelasuntukmencapai proses pembelajaran yang ingin di capai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55300

Actions (login required)

View Item View Item