Ayuningtyas, Niki Dwi (2017) Perbandingan minat belajar sejarah kebudayaan Islam dengan sejarah Indonesia pada siswa di MAN Tuban / Niki Dwi Ayuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ayuningtyas Niki Dwi. 2017. Perbandingan Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Sejarah Indonesia Pada Siswa Di MAN Tuban. Skripsi Jurusan Sejarah Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Joko Sayono M.Hum. M.Pd. Kata Kunci sejarah kebudayaan Islam sejarah Indonesia minat belajar Minat belajar merupakan kajian penting dalam proses belajar sebab minat belajar dapat mempengaruhi hasil belajar seorang peserta didik. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas XI IPS 1 MAN Tuban pada saat pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Sejarah Indonesia justru lebih banyak siswa yang melamun asik dengan kegiatannya sendiri bahkan bergurau dengan teman sebangkunya. Namun siswa yang melakukan kegiatannya sendiri di dalam kelas pada saat matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam bukanlah siswa yang sama saat matapelajaran Sejarah Indonesia. Hal ini diduga terdapat minat yang berbeda antara matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan Sejarah Indonesia. Penelitian dilakukan untuk mengetahui perbedaan minat belajar dengan tujuan agar pada kedua matapelajaran mendapatkan pembelajaran yang lebih baik serta untuk menunjukan hasil belajar siswa dengan cara mengembangkan pola-pola pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas XI IPS 1 di MAN Tuban (2) Bagaimana minat belajar Sejarah Indonesia siswa kelas XI IPS 1 di MAN Tuban (3) Bagaimana perbandingan minat belajar siswa pada matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Sejarah Indonesia di kelas XI IPS 1 di MAN Tuban Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitaif dengan metode kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan angket dan juga hasil belajar siswa pada kedua matapelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS di MAN Tuban yang berjumlah 140 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat minat belajar pada matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan Sejarah Indonesia. Secara keseluruhan tingkat minat belajar pada matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Sejarah Indonesian dapat dikatakan baik. Apabila tingkat minat belajar dibandingkan antara Sejarah Kebudayaan Islam dengan Sejarah Indonesia maka tingkat minat belajar lebih tinggi Sejarah Indonesia dengan prosentase 80 55% dan Sejarah Kebudayaan Islam dengan prosentase 55 55%. Hasil belajar siswa juga memiliki perbedaan dengan rata-rata 87 untuk Sejarah Indonesia dan 86 untuk Sejarah Kebudayaan Islam. Saran yang dapat diberikan bagi sekolah hendaknya diadakan sebuah kepelatihan mengenai minat belajar anatar kelas guna meningkatkan minat belajar siswa dalam matapelajaran. Bagi guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Sejarah Indonesia harus lebih berperan aktif selama proses belajar mengajar didalam kelas. Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan masukan dan pertimbangan untuk melakukan penetilian yang berkaitan dengan minat belajar siswa. ABSTRACT Ayuningtyas Niki Dwi. 2017. The Comparison of Learning Interest between Islamic History and Indonesian History on students in MAN Tuban. Thesis History Department History Education Study Program Faculty of Social Science Universitas Negeri Malang. Advisor Dr. Joko Sayono M.Hum. M.Pd. Key Words Islamic History Indonesian History Learning Interest Learning interest is an important study in a learning process because learning interest can influence the learning outcome of a student. Based on the result of pre observation conducted by the researcher in class XI IPS 1 MAN Tuban in the process of learning on Islamic History and Indonesian History there were students in day dreaming enjoying their own activities even there were students joking with their seatmates. But the students who were doing their own activities in the class during Islamic History were not the same students in Indonesian History. This case was presumed that there was a different interest between the lesson of Islamic History and Indonesian History. The study was conducted to determine the difference of interest in learning with the aim that in both subjects get better learning and to show students learning outcomes by developing learning patterns. The research problems in this study are (1) How is the learning interest of the students about Islamic History in class XI IPS 1 MAN Tuban (2) How is the learning interest of the students about Indonesian History in class XI IPS 1 MAN Tuban (3) How is the comparison of learning interest between Islamic Histpry and Indonesian History on students in class XI IPS 1 di MAN Tuban This study used quantitative approach with descriptive quantitative method. The data collection used questionnaire and the learning results of the students in both lessons. Population in this study was class XI IPS MAN Tuban that amounted to 140 students. The sample in this study was class XI IPS 1 that amounted to 36 students. The technique of collecting the sample used purposive sampling. Based on the data analysis of the result it can be concluded that there is a learning interest difference between Islamic History and Indonesian History. Overall the level of learning interest on Islamic History and Indonesian History is good. If the level of learning interest is compared between Islamic History and Indonesian History the level of learning interest on Indonesian History is higher with percentage 80 55% and the percentage of Islamic History is 55 55%. There is also a difference in learning result of the students with the average 87 for Indonesian History and 86 for Islamic History. Suggestions given for the school is the school should hold a competition related to the learning interest of all the classes in order to improve the students learning interest in lessons. For the Islamic History and Indonesian History teacher they should play as the active roles in teaching and learning process in the class. For the further researcher the result of this study is hoped to be the input materials and consideration to do research that related to the students learning interest. KATA PENGANTAR Alhamdulillah wasyukurillah puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat rahmat karunia dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan skripsi yang berjudul Perbandingan Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Sejarah Indonesia Pada Siswa Di MAN Tuban dengan baik. Penyusunan skripsi ini dapat terselesaikan berkat bimbingan do a dan motivasi dari berbagai pihak untuk itu penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada 1. Bapak (Maskun) Ibu (Siti Aunah) dan kakakku (Lusiana) yang telah mencurahkan kasih sayang do a dan memotivasi sehingga skripsi in dapat terselesaikan dengan baik. 2. Prof. Dr. Sumarmi M.Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial yang telah memberikan ijin dan kemudahan kepada penulis dalam melakukan skripsi. 3. Dr. Joko Sayono M.Hum. M.Pd selaku pembimbing dan ketua jurusan yang telah memberikan daran dan masukan serta selalu mengarahkan dan memotivasi penulis dalam menyelesaikan skripsi ini. 4. Prof. Dr. Hariyono M.Pd dan Drs. Kasimanuddin Ismain selaku penguji I dan II yang telah memberikan tanggapan serta kritik dan saran yang membangun guna menyempurnakan sksripsi ini. 5. Drs. Mashuri M.Hum selaku ahli validasi instrumen penelitian yang telah memberikan banyak saran untuk perbaikan instrumen penelitian. 6. Drs. H. Agung Hidayatullah M.Pd. I selaku kepala sekolah MAN Tuban yang telah memberi kesempatan kepada penulis untuk melakukan penelitian di MAN Tuban. 7. Ali Musyafa S.Ag selaku guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Dra. Hendriyani selaku guru matapelajaran Sejarah Indonesia yang telah membimbing selama penelitian di MAN Tuban. 8. Sahabat-sahabat penulis dan teman-teman Offering D yang telah memberikan bantuan dan semangat dalam menyelesaikan skripsi ini. 9. Teman-teman Offering lain yang senantiasa memberikan masukan dan memberikan bantuan serta semangat untuk menyelesaikan skripsi ini. 10. Teman-teman kos yang selalu memberikan motivasi dan bantuan dalam mengerjakan skripsi ini. 11. Semua pihak yang secara langsung maupun tidak langsung yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu. Akhirnya penulis berharap semoga skripsi ini bisa bermanfaat bagi banyak pihak terutama yang membutuhkan bahan kajian dan referensi mengenai minat belajar siswa. penulis penyadari bahwa tidak ada apapun yang sempurna selain karya Allah SWT sehingga kritik dan saran yang membangun dari para pembaca akan sangat diharapkan. Malang 7 Juni 2017 Penulis DAFTAR ISI Halaman ABSTRAK i ABSTRACT iii KATA PENGANTAR v DAFTAR ISI vii DAFTAR TABEL ix DAFTAR GAMBAR xi DAFTAR LAMPIRAN xii BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang 1 B. Rumusan Masalah 5 C. Hipotesis Penelitian 5 D. Kegunaan Penelitian 6 E. Asumsi Penelitian 7 F. Definisi Operasional 8 BAB II KAJIAN PUSTAKA A. Pengertian Belajar 10 B. Minat 11 C. Sejarah 21 BAB III METODE PENELITIAN A. Rancangan Penelitian 33 B. Populasi Dan Sambel 33 C. Instrumen Penelitian 35 D. Pengumpulan Data 39 E. Analisis Data 42 BAB IV HASIL PENELITIAN A. Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 di MAN Tuban 47 B. Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 di MAN Tuban 58 BAB V PEMBAHASAN A. Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas XI IPS 1 di MAN Tuban 61 B. Minat Belajar Sejarah Indonesia Pada Siswa Kelas XI IPS 1 di MAN Tuban 65 C. Perbandingan Minat Belajar Siswa Pada Matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Sejarah Indonesia Kelas XI IPS 1 di MAN Tuban 69 BAB VI PENUTUP A. Kesimpulan 74 B. Saran 75 DAFTAR RUJUKAN 76 LAMPIRAN-LAMPIRAN 79 DAFTAR RIWAYAT HIDUP 107 DAFTAR TABEL Halaman 3.1 Jumlah Populasi 34 3.2 Kisi-kisi Instrumen Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam 36 3.3 Kisi-kisi Instrumen Minat Belajar Sejarah Indonesia 37 3.4 Alternatif Jawaban Penskoran 38 3.5 Data Distribusi Minat Belajar Siswa 44 3.6 Klasifikasi Katagori Minat Belajar dalam Unsur Perhatian 44 3.7 Klasifikasi Katagori Minat Belajar dalam Unsur Kemauan 44 3.8 Klasifikasi Katagori Minat Belajar dalam Unsur Kebutuhan 45 3.9 Klasifikasi Katagori Minat Belajar dalam Unsur Perasaan 45 3.10 KlasifikasiRentangan Nilai Hasil Belajar 45 4.1 Distribusi Frekuensi (F) dan Prosentase (%) Minat Belajar Siswa Pada Matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam 48 4.2 Distribusi Frekuensi (F) dan Prosentase (%) pada Indikator Perhatian 49 4.3 Distribusi Frekuensi (F) dan Prosentase (%) pada Indikator Kemauan 50 4.4 Distribusi Frekuensi (F) dan Prosentase (%) pada Indikator Kebutuhan 51 4.5 Distribusi Frekuensi (F) dan Prosentase (%) pada Indikator Perasaan 52 4.6 Distribusi Frekuensi (F) dan Prosentase (%) Minat Belajar Siswa Pada Matapelajaran Sejarah Indonesia 54 4.7 Distribusi Frekuensi (F) dan Prosentase (%) pada Indikator Perhatian 55 4.8 Distribusi Frekuensi (F) dan Prosentase (%) pada Indikator Kemauan 56 4.9 Distribusi Frekuensi (F) dan Prosentase (%) pada Indikator Kebutuhan 57 4.10 Distribusi Frekuensi (F) dan Prosentase (%) pada Indikator Perasaan 58 4.11 Hasil Belajar Siswa Pada Matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam 59 4.12 Hasil Belajar Siswa Pada Matapelajaran Sejarah Indonesia 60 DAFTAR GAMBAR Halaman 4.1 Histogram Minat Belajar Siswa Pada Matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam 49 4.2 Histogram Indikator Perhatian dalam Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam 50 4.3 Histogram Indikator Kemauan dalam Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam 51 4.4 Histogram Indikator Kebutuhan dalam Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam 52 4.5 Histogram Indikator Perasaan dalam Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam 53 4.6 Histogram Minat Belajar Siswa pada Matapelajaran Sejarah Indonesia 54 4.7 Histogram Indikator Perhatian dalam Minat Belajar Sejarah Indonesia 55 4.8 Histogram Indikator Kemauan dalam Minat Belajar Sejarah Indonesia 56 4.9 Histogram Indikator Kebutuhan dalam Minat Belajar Sejarah Indonesia 57 4.10 Histogram Indikator Kebutuhan dalam Minat Belajar SejarahIndonesia 58 4.11 Diagram Garis Nilai Hasil Belajar Siswa 60 DAFTAR LAMPIRAN LampiranHalaman 1. Instrumen Penelitian Sejarah Kebudayaan Islam 79 2. Instrumen PenelitianSejarah Indonesia 81 3. Lembar Validasi Instrumen Penelitian Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam 83 4. Lembar Validasi Instrumen Penelitian Minat Belajar Sejarah Indonesia 86 5. Data Mentah Uji Variabel Minat Sejarah Kebudayaan Isalm 89 6. Data Mentah Uji Variabel Minat Sejarah Indonesia 90 7. Jumlah Perolehan Skor Tiap Indikator 91 8. Nilai Hasil Belajar 93 9. Hasil Uji Validasi dan Reabilitas Minat Sejarah Kebudayaan Islam 94 10. Hasil Uji Validasi dan Reabilitas Minat Sejarah Indonesia 98 11. Dokumentasi Kegiatan Penelitian di MAN Tuban 102 12. Surat Ijin Penelitian 105
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55240 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |