Lidiawati, Dwi (2017) Pengembangan modul pembelajaran sejarah berbasis refleksi materi pergerakan nasional kelas XI SMAN 1 Lawang / Dwi Lidiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lidiawati Dwi. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Sejarah Berbasis Refleksi Materi Pergerakan Nasional Materi Pergerakan Nasional Kelas XI SMA N 1 Lawang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum Kata Kunci modul pembelajaran sejarah refleksi pergerakan nasional Matapelajaran sejarah merupakan matapelajaran sebagai salah satu saluran pembangkit nasionalisme bangsa. Sejarah memiliki banyak makna-makna yang terkandung di dalamnya. Pembelajaran sejarah seharusnya menekankan pada penggalian nilai-nilai yang tersirat di dalam peristiwa-peristiwa sejarah. Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh pertama adanya pembelajaran yang bersifat satu arah yang mengakibatkan guru sebagai pusat belajar. Kedua yakni mengenai kurangnya bahan ajar yang digunakan di SMA N 1 Lawang. Bahan ajar yang digunakan hanya buku paket Kurikulum 2013 dan pembagian buku paket kurang efektif karena dalam satu buku diberikan untuk dua siswa. Ketiga SMA N 1 Lawang tidak menganjurkan pemakaian bahan ajar terbitan swasta seperti Lembar Kerja Siswa (LKS) ataupun yang lainnya sekolah mengharapkan guru matapelajaran yang membuat bahan ajar sendiri. Pada pelaksanaannya guru belum mampu memenuhi kewajiban tersebut. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar yakni modul pembelajaran sejarah berbasis refleksi materi Pergerakan Nasional. Modul pembelajaran sejarah berbasis refleksi ini berisi (1) bagian pendahuluan yakni halaman judul kata pengantar daftar isi daftar gambar posisi materi pada modul kompetensi atau sub kompetensi daftar tujuan pembelajaran.(2) Bagian isi yakni pendahuluan hubungan dengan materi atau pelajaran lain uraian materi refleksi sejarah tes formatif yang terdiri dari 50% materi dan 50% refleksi rangkuman.(3) Bagian penutup yakni glossary atau daftar istilah tes akhir yang terdiri dari 50% materi dan 50% refleksi evaluasi kognitif penutup kunci jawaban dan daftar pustaka. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) menghasilkan modul pembelajaran sejarah berbasis refleksi materi Pergerakan Nasional dan (2) menguji keefektifan modul pembelajaran berbasis refleksi materi Pergerakan Nasional dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan sembilan tahapan yakni analisis potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi produk uji coba pemakaian revisi produk produksi masal. Pada penelitian dan pengembangan tidak sampai pada tahapan produksi masal hanya menggunakan sembilan tahapan. Hasil rata-rata uji terhadap modul pembelajaran sejarah berbasis refleksi materi Pergerakan nasional yang dilakukan oleh validator para ahli yakni ahli materi dan ahli pembelajaran mencapai persentase 95 6%. Berdasarkan data kuantitatif mendapatkan kriteria valid dan tidak perlu direvisi namun berdasarkan komentar dan saran masih harus mengalami tahapan revisi. Hasil rata-rata uji coba skala kecil terhadap siswa mencapai persentase 82%. Berdasarkan data kuantitatif mendapatkan kriteria valid dan tidak perlu direvisi namun berdasarkan saran dan komentar masih harus mengalami tahapan revisi. Hasil rata-rata uji coba skala besar terhadap siswa mencapai persentase 85%. Berdasarkan data kuantitatif mendapatkan kriteria valid dan tidak perlu direvisi namun berdasarkan saran dan komentar mengalami tahapan revisi. Kesimpulannya adalah modul pembelajaran sejarah berbasis refleksi materi Pergerakan Nasional materi Pergerakan Nasional layak digunakan dalam pembelajaran mempengaruhi hasil belajar dan berpengaruh terhadap nilai-nilai refleksi dari dalam siswa. Saran yang terpenting terhadap pemanfaatan produk adalah bagi peneliti lainnya agar dilakukan penelitian dan pengembangan secara lebih lanjut. Peneliti telah melakukan penelitian dan pengembangan yang valid dan maksimal. Berdasarkan data kuantitatif yang diperoleh modul pengembangan sudah valid dan tidak perlu direvisi namun berdasarkan saran dan komentar masih harus dilakukan revisi. Penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan secara maksimal tidak bisa dihindari masih terdapat kekurangan-kekurangan. Diharapkan dilakukan penelitian lebih lanjut agar menjadi penelitian dan pengembangan yang lebih sempurna.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55207 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |