Wahid (2012) Sumbangan mata pelajaran sejarah terhadap mata pelajaran IPS terpadu siswa kelas VII program akselerasi SMP Negeri 3 Malang / Wahid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci sumbangan mata pelajaran sejarah mata pelajaran IPS terpadu kelas akselerasi Permasalahan perbedaan tingkat kecerdasan siswa dalam menerima materi pelajaran membuat pihak sekolah perlu menyelenggarakan pendidikan khusus bagi siswa yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan membentuk kelas akselerasi. Perubahan kurikulum pada tingkat sekolah menengah pertama juga berdampak pada proses belajar di kelas akselerasi. Salah satu bentuk perubahan kurikulum tersebut adalah pengintegrasian mata pelajaran sejarah dengan mata pelajaran geografi sosiologi dan ekonomi secara otomatis memberikan perbedaan khusunya dalam hal penilaian hasil belajar siswa. Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahui bagaimana sumbangan mata pelajaran Sejarah terhadap mata pelajaran IPS Terpadu khususnya bagi siswa kelas VII program akselerasi SMP Negeri 3 Malang Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah nilai sejarah dibandingkan dengan nilai bidang geografi ekonomi sosiologi dalam mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII Program Akselerasi . (2) Bagaimana sumbangan nilai sejarah terhadap mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII Program Akselerasi di SMP Negeri 3 Malang . Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berupa nilai raport mata pelajaran IPS Terpadu dan hasil wawancara dengan guru bidang studi IPS Terpadu. Data tersebut kemudian di analisis menggunakan analisis deskriptif pengukuran kecenderungan pemusatan (measures of central tendency). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai mata pelajaran Sejarah pada siswa kelas VII program akselerasi SMP Negeri 3 Malang lebih baik jika dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain. Hal ini dapat dilihat dari nilai ratarata mata pelajaran Sejarah sebesar 92 5 lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata nilai mata pelajaran IPS yang lain Geografi sebesar 92 Ekonomi sebesar 89 2 dan Sosiologi sebesar 80 4. Tingginya nilai rata-rata mata pelajaran Sejarah pada kelas akselerasi menunjukkan tingginya minat siswa terhadap mata pelajaran sejarah adanya daya saing yang tinggi serta motivasi untuk mendapatkan hasil belajar berupa nilai akademik yang baik. (2) Mata pelajaran Sejarah memberikan sumbangan yang besar bagi nilai IPS Terpadu siswa kelas VII program akselerasi SMP Negeri 3 Malang. Sumbangan tersebut tidak hanya berupa nilai kognitif yang baik (melebihi KKM yang ditentukan sekolah) tetapi juga nilai afektif dan psikomotor yang didapatnkan oleh siswa dalam mempelajari Sejarah dan mata pelajaran IPS lainnya yang terintegrasi dalam IPS Terpadu. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengintegrasian mata pelajaran Sejarah ke dalam mata pelajaran IPS Terpadu pada kelas akselerasi di SMP Negeri 3 Malang membawa dampak positif pada mata pelajaran yang lain. Hal ini dibuktikan dengan nilai mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas akselerasi telah mmenuhi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah sebesar 80.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55088 |
Actions (login required)
View Item |