Perbedaan prestasi belajar siswa kelas XI IPS yang menggunakan pembelajaran inquiry dengan pembelajaran klasikal pada pelajaran sejarah di SMA Negeri 9 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Mohammad Abdul Aziz - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar siswa kelas XI IPS yang menggunakan pembelajaran inquiry dengan pembelajaran klasikal pada pelajaran sejarah di SMA Negeri 9 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Mohammad Abdul Aziz

Aziz, Mohammad Abdul (2011) Perbedaan prestasi belajar siswa kelas XI IPS yang menggunakan pembelajaran inquiry dengan pembelajaran klasikal pada pelajaran sejarah di SMA Negeri 9 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Mohammad Abdul Aziz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Inquiry Prestasi Belajar Sejarah Pendidikan adalah salah satu aspek pencapaian kemajuan bangsa sehingga dari tahun ke tahun pola pembelajaran dalam pendidikan di negara ini harus mengalami perubahan yang mengarah lebih baik dengan terobosan dan inovasiinovasi yang baru. Pemilihan tempat didasarkan pada keinginan peneliti untuk melihat bagaimana bentuk pengembangan pembelajaran ini dapat diterapkan di sekolah SMA Negeri 9 Malang memiliki pengaruh yang sama dengan hasil penelitian sebelumnya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen. Penggunaan penelitian ini sengaja dilakukan karena peneliti ingin membangkitkan suatu kejadian atau keadaan kemudian diteliti bagaimana akibatnya Pendekatan yang digunakan dalam menganalisis data adalah pendekatan kuantitatif hal ini dipilih karena menggunakan data berupa angka yaitu prestasi belajar siswa untuk mendeskripsikan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan dua sampel kelas yaitu kelas XI IPS dengan tujuan untuk mengkaji dua variabel yaitu penerapan metode Inquiry sebagai variabel bebas serta prestasi belajar sebagai variabel terikat. Pada kelompok eksperimen akan diberi perlakuan menggunakan pola berpikir kritis melalui pertanyaan dengan metode Inquiry sedangkan pada kelompok kontrol akan diberi perlakuan dengan metode ceramah. Pada kelompok eksperimen yang menerapkan metode Inquiry diperoleh nilai rata-rata sebesar 69.15 dari perlakuan metode ini dapat dikatakan bahwa metode Inquiry ini dapat meningkatkan prestasi. Pada kelompok kontrol ini nilai rata-rata siswa sebesar 66.16 tetapi dalam pencapaian ini lebih rendah dibandingkan dengan kelompok eksperimen. Analisis yang menggunakan hasil uji t menunjukkan bahwa thitung 3.606 0.05 hasil ini menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dengan menggunakan pembelajaran Inquiry ini. Hasil pada penelitian ini juga menjelaskan bahwa pembelajaran yang selama ini dilakukan membuat siswa merespon baik hal ini dikarenakan siswa selama ini hanya sebagai salah satu pelaku pembelajaran bukan menjadi sebagai faktor penting pendukung pembelajaran. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memotivasi seluruh pihak yang terkait dengan kegiatan pembelajaran untuk terus melakukan evaluasi dan juga meningkatkan inovasi yang dapat menciptakan suasana kegiatan pembelajaran menjadi lebih kondusif dengan menghasilkan output yang lebih baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55077

Actions (login required)

View Item View Item