Pemanfaatan blog sebagai sumber belajar sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 2 di SMAN 1 Sumenep / Nur Karima - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan blog sebagai sumber belajar sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 2 di SMAN 1 Sumenep / Nur Karima

Karima, Nur (2018) Pemanfaatan blog sebagai sumber belajar sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 2 di SMAN 1 Sumenep / Nur Karima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Karima Nur. 2016. Pemanfaatan Blog Sebagai Sumber Belajar Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IIS 2 di SMAN 1 Sumenep. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdul Latif Bustami M. Si (II) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd M. Pd. Kata Kunci Sumber Belajar Blog Hasil Belajar Sejarah Mata pelajaran sejarah memiliki tujuan untuk melatih daya kritis siswa untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan. Untuk memahami fakta sejarah atas berbagai peristiwa yang terjadi di masa lalu siswa memerlukan sumber belajar untuk mengakses informasi mengenai materi yang dipelajarinya. Sumber belajar yang dikemas dengan menarik dan dapat diakses dengan mudah oleh siswa akan membuat pembelajaran sejarah lebih menyenangkan. Salah satu alternatif sumber belajar yang dapat digunakan siswa adalah melalui blog. Proses pembelajaran sejarah yang menyenangkan akan membuat siswa termotivasi untuk belajar sejarah. Sebagai konsekuensi logis atas kondisi yang demikian maka siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Berdasarkan latar belakang diatas maka pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 2 di SMAN 1 Sumenep dengan memanfaatkan blog sebagai sumber belajar sejarah Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 di SMAN 1 Sumenep dengan jumlah sebanyak 35 siswa yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terstruktur wawancara dengan siswa dan guru sejarah tes catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut perencanaan pelaksanaan pengamatan/observasi dan refleksi. Pelaksanaan pemanfaatan blog pada mata pelajaran sejarah dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan sumber belajar blog. Peningkatan ini ditujukan melalui 3 aspek penilaian yaitu kompetensi sikap kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. Pada siklus 1 presentae masing-masing aspek adalah 37 14% 40% 28 57% dan pada siklus ke 2 presentase masing-masing aspek adalah 100% 91% 100%. Dari semua aspek mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata keseluruhan aspek hasil belajar dari 35 24% pada siklus 1meningkat menjadi 97% pada siklus 2. Dari data-data yang dipaparkan tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan blog sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa disarankan agar guru dapat memanfaatkan blog sebagai salah satu sumber belajar di kelas selain buku dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Selain itu penelitian ini masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaan vii pembelajaran karena terbatasnya waktu sehingga diharapkan penelitian berikutnya dapat memaksimalkan dan menyempurnakan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55022

Actions (login required)

View Item View Item