Purwandanu, Dimas (2018) Pengembangan e-modul berbasis videoscribe sebagai media pembelajaran sejarah SMA Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi / Dimas Purwandanu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Purwandanu Dimas. 2017. Pengembangan E-modulBerbasisVideoscribesebagai Media PembelajaranSejarah SMA Muhammadiyah 2 GentengBanyuwangi. Skripsi JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. JokoSayono M.Pd. M.Hum. (II) Drs. SlametSujudPurnawanJati M.Hum. Kata Kunci e-modul videoscribe media pembelajaran Pesatnyaperkembanganteknologisertameningkatnyapersaingandalamduniapendidikan di Indonesia berdampakpadatingginyatuntutanuntukmencapaitujuandalampembelajaran.Penyalahgunaanfungsiteknologiolehpelajarsaatinisangattinggi pemanfaatanteknologi yang kurangbaikdapatmembawadampaknegatifdalamduniapendidikan contohsajabermainsmartphone gaming social mediaketika proses pembelajaranberlangsung. Olehkarenaitu diperlukan media yang lebihinovatif kreatif efektif danmutakhirdenganmemanfaatkanteknologi yang tersedia. Salah satu media tersebutadalahe-modulvideoscribe. E-Modulvideoscribe merupakan media berisi sumber pengetahuan yang mengarahkan siswa untuk melaksanakan pembelajaran secara mandiri yangdikemassecaramenarikberupamodulanimasi. pembelajaran secara mandiri bertujuan agar siswamampumemantapkanpemahamanmengenaimateri yang kurangdidapatkandalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkanproduk e-modulberbasisvideoscribesebagai media pembelajaransejarahSMAMuhammadiyah 2 GentengBanyuwangidenganmemanfaatkanfasilitas yang mendukungdaripihaksekolahdansiswa. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalah model pengembangan Borg GalldalamSukmadinata (2002 170) yang terdiriatas (1) pengukurankebutuhan (2) perencanaan (3) pengembangandrafproduk (4) validasiahli (5) revisi (6) ujicobaawal (7) revisiproduk (8) ujicobalapangan (9) revisiprodukakhir dan (10) diseminasi. HasilAnalisisdalampenelitianpengembangan e-modulberbasisvideoscribeadalah (1) PengembanganProduk e-modulvideoscribesesuaidengankaidahpenyusunanmoduldan media pembelajaran. (2) media e-moduldisajikankedalam format film (.movie). (3) komponen e-modulmeliputipetunjukpenggunaan animasidangambarpenunjangmateri PerangJawa latihansoal dankuncijawaban. (4) pemilihanmateri sistematikapenulisandisesuaikandengankarakteristikmodul (Anwar 2010 69-71) danmendapatskor 90% ataulayakdigunakan. (5)komponenmodul media yang dikembangkanolehpenelitimemenuhiberbagaikomponenmodulyakni adanyapetunjukpenggunaanuntuk guru petunjukuntuksiswa lembarkerja kuncijawaban lembartesdanpenilaian. Berdasarkandata lapangan penelitimemperolehskorpersentasedariahlimaterisebesar 87 5% ahli media diperolehhasilskorsebesar 85 % ujicobakelompokkecildiperolehskorsebesar 86 % danujicobalapanganpadakelas XI IIS 2 diperolehskorsebesar88 %. Dari hasilujicobainidapatdisimpulkanbahwapengembangan e-modulberbasisvideoscribeinilayakuntukdigunakansebagai media pembelajaran di dalammaupun di luarkelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Apr 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55000 |
Actions (login required)
View Item |