Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Karangmenggah Wonorejo Pasuruan / Alfitriatun Nurun Alfiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Karangmenggah Wonorejo Pasuruan / Alfitriatun Nurun Alfiah

Alfiah, Alfitriatun Nurun (2015) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Karangmenggah Wonorejo Pasuruan / Alfitriatun Nurun Alfiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alfiah AlfitriatunNurun. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning untukMeningkatkanKeaktifanSiswadanHasilBelajarSiswaKelas V SDN KarangmenggahWonorejoPasuruan. Skripsi JurusanTeknologiPendidikan FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Anselmus J. E. Toenlioe M.Pd (2) Dr. AgusWedi M.Pd. Kata Kunci Problem Based Learning keaktifan danhasilbelajar Hasilobservasidalampembelajaran IPA di kelas V SDN Karangmenggahmasihmenekankanpadaaspekpengetahuandanpemahamanmateri. Guru lebihbanyakberceramahsertamemberikanlatihansoal-soalpadabukupaketMetodetersebut membuatsiswakurangaktifdalampembelajaransehinggadapatmempengaruhihasilbelajarsiswa. Atasdasarpermasalahantersebut penelitimenerapakan model Problem Based Learninguntukmeningkatkankeaktifansekaligushasilbelajarsiswa. Tujuandaripenelitianiniadalah (1) menerapan model Problem Based Learningdalam proses pembelajaranpadamatapelajaran IPA kelas V SDN Karangmenggah.(2) meningkatkankeaktifansiswadenganditerapkannya model Problem Based Learning padamatapelajaran IPA kelas V SDN Karangmenggah. (3) meningkatkanhasilbelajarsiswasetelahditerapkannya model Problem Based Learning padamatapelajaran IPA kelas V SDN Karangmenggah. PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelas model Kemmisdan Mc. Teggart. Subjekdalampenelitianiniyaitusiswakelas V SDN KarangmenggahWonorejoPasuruan.Tahapdalampenelitianini (1) perencanan (2) pelaksanaan (3) pengamatandan (4) refleksi di setiapsiklusnya. Instrumenpenelitianiniberupa (1) pedomanwawancara (2) pedomanobservasi (2) soal-soaltes.Hasilpenelitinmenunjukkanpeningkatankeaktifandanpeningkatanhasilbelajarterbuktipadasiklus 1 denganpersentase (66 66%) meningkatmenjadi(94 87%) padasiklus 2. Penelitianinimenunjukkanbahwapenerapan model Problem Based Learning padamatapelajaran IPA dapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswakelas V SDN Karangmenggah. Saran yang dapatdiberikandaripenelitiadalah (1) guru dapatmemotivasisiswadenganmemberikanpenghargaanterhadapkinerjasiswa agar siswalebihantusiasmengikutipembelajaran. (2) guruperlumembiasakandiriuntukmenyajikanpembelajaran yang lebihmenyenangkansepertidenganmenerapkan model Problem Based Learning padamatapelajaran lain danmembiasakansiswanyauntuksenantiasapercayadiridenganhasilkerjanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item