Puspa, Meilia Zara (2017) Penerapan metode field trip untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPA 2 SMA islam Almaarif Singosari tahun ajaran 2016-2017 / Meilia Zara Puspa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Puspa Meilia Zara. 2017. Penerapan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Islam Almaarif Singosari Tahun Ajaran 2016-2017. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Najib Jauhari S.Pd M.Hum (2) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. Kata Kunci Metode Field Trip Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti dikelas XI IPA 2 SMA Islam Almaarif Singosari guru sejarah masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah tanya jawab dan penugasan serta menggunakan media pembelajaran seperti papan tulis. Hasil belajar kelas XI IPA 2 lebih rendah hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan metode yang aktif dan kreatif. Peneliti memberikan solusi dengan menggunakan metode pembelajaran berupa metode field trip. Field trip merupakan metode pembelajaran yang dilaksanakan dengan mengajak siswa kesuatu objek tertentu diluar sekolah untuk mempelajari dan memberikan pengalaman nyata pada siswa yang berhubungan dengan pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan metode field trip pada pelajaran sejarah kelas XI IPA 2 SMA Islam Almaarif Singosari (2) Apakah penggunaan metode pembelajaran field trip dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran sejarah kelas XI IPA 2 SMA Islam Almaarif Singosari. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dengan mengguna-kan metode field trip pada pelajaran sejarah kelas XI IPA 2 SMA Islam Almaarif Singosari (2) Menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kelas XI IPA 2 SMA Islam Almaarif Singosari melalui metode pembela-jaran field trip. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri atas dua siklus siklus 1 dengan dua pertemuan dengan materi Kerajaan Singhasari. Siklus II dengan satu pertemuan dengan materi peninggalan-peninggalan Kerajaan Singhasari. Pada pra siklus diperoleh presentase 8 57% pada siklus 1 hasil belajar menunjukkan peningkatan 37 14% siswa tuntas sebesar 13 siswa dan pada siklus II menunjukkan peningkatan 88 57% dengan siswa tuntas 31 siswa. Berdasarkan analisis hasil belajar kelas XI IPA 2 menunjukkan peningkatan sebesar 13 86%. Peningkatan hasil belajar tersebut dikarenakan siswa tertarik dan mendapatkan pengalaman baru terlebih lagi bagi siswa kelas XI IPA kerena dapat melihat secara langsung pemetaan peninggalan Kerajaan Singhasari dan drainase yang terdapat di Candi Singosari. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode field trip dapat mening-katkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Islam Almaarif Singosari. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat melanjutkan dan me-nyempurnakan pembelajaran dengan metode yang kreatif dalam pembelajaran terlebih untuk pembelajaran sejarah. ABSTRACT Puspa Meilia Zara. 2017. Application of Field Trip Methods to Improve Learning Outcomes History In Students of Class XI IPA 2 SMA Islam Almaarif Singosari Academic Year 2016-2017. Thesis Department of History Faculty of Social Sciences State University of Malang. Supervisors (1) Najib Jauhari S.Pd M. Hum (2) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. Keywords Field Trip Method Learning Outcomes Based on preliminary observation conducted by researcher in XI IPA 2 SMA Islam Almaarif Singosari history teacher still use conventional method like lecture question and answer and assignment and using learning media like blackboard. The learning result of grade XI IPA 2 is lower this is due to the lack of use of active and creative methods. Researchers provide solutions using the method of learning in the form of field trip methods. Field trip is a learning method implemented by inviting students certain objects outside the school to learn and provide real experience in students related to the lesson. The formulation of the problem in this research is (1) how the learning process using field trip method on the history lesson of class XI IPA 2 SMA Islam Almaarif Singosari (2) Is the use of field trip learning method can improve student learning outcomes in history lesson class XI IPA 2 SMA Islam Almaarif Singosari. The purpose of this study is (1) to describe the process of implementation of learning by using field trip method on the history lesson class XI IPA 2 SMA Islam Almaarif Singosari (2) Analyze the improvement of students learning outcomes in the history of class XI IPA 2 SMA Islam Almaarif Singosari through field trip study method. This study uses a classroom action research approach. This research consists of two cycles cycle 1 with two meetings with Singhasari Kingdom material and cycle II with one meeting with material of the relics of Singhasari Kingdom. In the pre cycle obtained percentage 8 57% in cycle 1 result of study show increase 37 14% complete student equal to 13 student and in cycle II show increase 88 57% with complete student 31 student. Based on the analysis of learning result of class XI IPA 2 showed an increase of 13.86%. The improvement of the learning outcomes of the students interested and gain new experience even more for class students XI IPA because it can see directly mapping of royal relics Singosari and drainage contained in Singosari temple. The result of this study indicate the application of field trip method can improve the learning process and student learning outcomes of grade XI IPA 2 SMA Islam Almaarif Singosari. It is expected that the next researcher can continue and perfect the learning with creative method in learning especially for history learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54979 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |