Penerapan pembelajaran berbasis lagu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS SMA Taman Siswa (Taman Madya) Malang tahun ajaran 2015/2016 / Ni'matul Khoiriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berbasis lagu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS SMA Taman Siswa (Taman Madya) Malang tahun ajaran 2015/2016 / Ni'matul Khoiriyah

Khoiriyah, Ni'matul (2016) Penerapan pembelajaran berbasis lagu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS SMA Taman Siswa (Taman Madya) Malang tahun ajaran 2015/2016 / Ni'matul Khoiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khoiriyah Ni matul. Penerapan Pembelajaran Berbasis Lagu untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS SMA Taman Siswa (Taman Madya) Malang Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Yuliati M.Hum (II) Drs. Marsudi M.Hum. Kata Kunci pembelajaran berbasis lagu motivasi belajar pelajaran sejarah Berdasarkan observasi pra-tindakan yang dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa permasalahan yang terjadi di kelas X IPS SMA Taman Siswa (Taman Madya) Malang adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Hal tersebut terlihat dari kurangnya minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran sejarah. Guru lebih sering menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa menjadi pasif dan kurang antusias pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil observasi tersebut juga diperkuat dengan hasil angket motivasi belajar siswa pada saat pra-tindakan yaitu sebesar 68 2% dengan kategori rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu adanya upaya perbaikan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan menerapkan pembelajaran berbasis lagu. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran berbasis lagu dan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkan pembelajarann berbasis lagu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Motivasi belajar siswa diukur dengan menggunakan indikator motivasi dari Anderson C.R. dan Faust G.W. Model penelitian yang digunakan yaitu model tindakan dari Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi angket catatan lapangan wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis model interaksi Miles dan Huberman. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPS SMA Taman Siswa (Taman Madya) Malang pada materi Islamisasi dan silang budaya di Nusantara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran berbasis lagu mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari kategori cukup baik menjadi baik dengan presentase 60 8% menjadi 74 3%. Penerapan pembelajaran berbasis lagu membuat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan karena siswa dapat belajar sekaligus berkreasi. Siswa juga menjadi lebih bersemangat dan antusias dengan pelajaran sejarah. (2) Presentase motivasi belajar siswa kelas X IPS mengalami peningkatan dari pra-tindakan ke siklus II. Penerapan pembelajaran berbasis lagu telah meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 12 9% yaitu dari 68 2% pada saat pra-tindakan menjadi 81 1% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa penerapan pembelajaran berbasis lagu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X IPS SMA Taman Siswa (Taman Madya) Malang tahun ajaran 2015/2016. Melalui penelitian ini guru hendaknya menjadikan pembelajaran berbasis lagu sebagai variasi dalam mengajar sejarah guna menumbuhkan motivasi siswa dan menjadikan pembelajaran sejarah menjadi lebih menarik. Guru diharapkan lebih kreatif dalam menyajikan materi sejarah. Pemilihan cara penyajian materi sejarah yang tepat oleh guru dan sesuai materi yang akan disampaikan merupakan salah satu bentuk usaha guru agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54894

Actions (login required)

View Item View Item