Rahmawati, Vidia Izza (2015) Pengembangan bahan ajar geografi bermuatan Al-qur'an dan Hadits materi Dinamika Planet Bumi / Vidia Izza Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahmawati VidiaIzza. 2015. PengembanganBahan Ajar GeografiBumiBermuatan Al-Qur an danHaditsMateriDinamika Planet. Skripsi.JurusanGeografi. FakultasIlmuSosial.Pembimbig (I) Dr. AchmadAmirudin MPd (II) Drs. Budi Handoyo MSi Kata Kunci Bahan Ajar Geografi Al-Qur an danHadits Dinamika Planet Bumi PembelajaranGeografidalamkurikulum 2013 tentuperlupengaitandengan Al-Qur an danhaditsuntukmeningkatkankeimanansiswa.Namun selamainibelumadabahan ajar Geografidenganpengaitan Al-Qur an danhadits.Menurutanalisiskebutuhandankarakteristiksiswajugadibutuhkanbahan ajar Geografi yang memberikansentuhannilai agama.Olehkarenaitu pengembangmempunyai ide untukmembuatprodukberupaBahan Ajar Geografibermuatan Al-Qur an danHadits. Tujuandaripengembangandanpenelitianiniadalahuntukmenghasilkanprodukbahan ajar Geografibermuatan Al-Qur an danhaditsbesertamengujikelayakanproduktersebut.Pengembanganinimenggunakanmodel menurutSadimandengantahap-tahapsebagaiberikut.(1) menganalisiskebutuhandankarakteristiksiswa (2) merumuskantujuaninstruksionaldenganoperasionaldankhas (3) merumuskanbutir-butirmaterisecaraterperinci yang mendukungtercapainyatujuan (4) mengembangkanalatpengukurkeberhasilan (5) menulisnaskah media (6) mengadakantesdanrevisi. Data penelitianberupa data kuantitatifdan data kualitatif.Data kuantitatifdiperolehdariskorvalidasiahlimateri ahlibahasa ahlidesainpembelajaran praktisilapangan validasiolehsiswa nilaipre-testdanpost-testsiswa.Data kualitatifberupa saran dankomentardaripara validator di atas.Data-data iniberfungsiuntukmerevisihasilprodukbahan ajar Geografi.Nilaipre-testdanpost-testberfungsiuntukmengetahuipengaruhbahan ajar Geografibermuatan Al-Qur an danHaditsterhadappeningkatanhasilbelajarsiswa. Berdasarkanhasilanalisis data diperolehkesimpulanbahwapresentasehasilvalidasiahlimateri ahlibahasa ahlidesainpembelajaran praktisilapangan penggunasecaraberurutanadalah 86 7 % 85% 90% 86 7% 85%. Semuapresentaseiniberkriteriasangat valid.Namunhasilkriteriadarikomentardan saran berupa valid.Hasilanalisisuji t darihasilpre-testdanpost-testmenunjukkanbahwabahan ajar Geografidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Saran pengembangannyaadalahditerbitkandandilakukanpengesahanhakciptasehinggabisadigunakanolehmasyarakatluas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54821 |
Actions (login required)
View Item |