Fitriana, Mila Nur (2014) Pengembangan media permainan monopoli dalam pembelajaran sejarah materi pokok sejarah perkembangan Kerajaan Majapahit untuk siswa kelas X Akselerasi SMA Negeri 1 Puri Mojokerto / Mila Nur Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fitriana Mila Nur. 2014. Pengembangan Media Permainan Monopoli dalam Pembelajaran Sejarah Materi Pokok Sejarah Perkembangan Kerajaan Majapahit untuk Siswa Kelas X Akselerasi SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Slamet Sujud P.J. M.Hum (2) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci pengembangan media permainan monopoli pembelajaran sejarah 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran sejarah selalu dianggap siswa sebagai matapelajaran yang membosankan. Kejenuhan yang dirasakan siswa terhadap matapelajaran sejarah disebabkan karena tidak adanya inovasi baru dalam pembelajaran sejarah. Media permainan monopoli diharapkan dapat menjadikan pembelajaran sejarah menjadi menyenangkan sehingga siswa tidak akan merasa bosan dalam proses pembelajaran sejarah. Pengembangan media ini difokuskan pada materi pokok sejarah perkembangan Kerajaan Majapahit dan diterapkan pada siswa kelas X akselerasi di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan produk media permainan monopoli dalam pembelajaran sejarah materi pokok sejarah perkembangan Kerajaan Majapahit untuk siswa kelas X akselerasi SMA Negeri 1 Puri Mojokerto dan mengetahui efektifitas produk media permainan monopoli dalam pembelajaran sejarah materi pokok sejarah perkembangan Kerajaan Majapahit untuk siswa kelas X akselerasi SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian research and development (R D). Data penelitian berupa data uji validasi dari ahli materi dan ahli media serta data uji efektifitas produk dari uji coba produk dan uji coba pemakaian dengan menggunakan desain before-after. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik interview (wawancara) kuesioner (angket) observasi (pengamatan) test (tes). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen pedoman wawancara angket validasi pedoman observasi dan soal tes. Kegiatan analisis data uji validasi produk menggunakan teknik analisis statistik yang dihitung dengan rumus untuk mengolah data kuantitatif sehingga diperoleh persentase hasil validasi dengan ketentuan bahwa pengembangan media permainan monopoli ini akan dinyatakan berhasil atau sesuai jika tingkat ketercapaian mencapai minimal skor 70%. Sedangkan kegiatan analisis data uji efektivitas produk menggunakan teknik pengukuran sebelum dan sesudah menggunakan produk untuk mengukur tingkat keaktifan dan pemahaman siswa dengan ketentuan bahwa media permainan monopoli dalam pembelajaran sejarah ini akan dinyatakan efektif jika terjadi peningkatan tingkat keaktifan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran sejarah sesudah menggunakan media. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama berdasarkan hasil validasi materi diketahui bahwa validitas materi pada media permainan monopoli dalam pembelajaran sejarah sebesar 62 5% yang artinya memiliki kriteria cukup efektif dan masih harus dilakukan revisi. Peneliti melakukan validasi materi tahap II karena persentase validitas materi tahap I belum mencapai 70% yang berarti bahwa materi pada media permainan monopoli dalam pembelajaran sejarah belum efektif dan belum dapat digunakan. Berdasarkan hasil validasi materi tahap II diketahui bahwa validitas materi pada media permainan monopoli dalam pembelajaran sejarah sebesar 72 5% yang artinya memiliki kriteria efektif dan materi pada media permainan monopoli dalam pembelajaran sejarah ini sudah dapat digunakan. Sedangkan berdasarkan hasil validasi media diketahui bahwa validitas media permainan monopoli dalam pembelajaran sejarah sebesar 76 25% yang artinya memiliki kriteria efektif dan media permainan monopoli dalam pembelajaran sejarah ini sudah dapat digunakan. 12288 12288 12288 12288 Kedua berdasarkan hasil uji coba produk diketahui bahwa tingkat keaktifan siswa sebelum menggunakan media permainan monopoli sebesar 30% menjadi 60% sesudah menggunakan media permainan monopoli. Tingkat pemahaman siswa sebesar 25% sebelum menggunakan media menjadi 50% sesudah menggunakan media. Total tingkat efektifitas sebelum menggunakan media permainan monopoli sebesar 27 5% menjadi 55% sesudah menggunakan media. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan efektivitas sesudah menggunakan media permainan monopoli dalam pembelajaran sejarah yaitu sebesar 27 5%. Sedangkan berdasarkan uji coba pemakaian diketahui bahwa tingkat keaktifan siswa sebelum menggunakan media permainan monopoli sebesar 30% menjadi 68 3% sesudah menggunakan media permainan monopoli. Tingkat pemahaman siswa sebesar 61 7% sebelum menggunakan media menjadi 80% sesudah menggunakan media. Total tingkat efektifitas sebelum menggunakan media permainan monopoli sebesar 45 8% menjadi 74 2% sesudah menggunakan media. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan efektivitas sesudah menggunakan media permainan monopoli dalam pembelajaran sejarah yaitu sebesar 28 4%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54742 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |