Pengaruh penggunaan media slide pembelajaran sejarah berbasis autoplay pada materi pergerakan kebangsaan Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bululawang / Novi Ardiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media slide pembelajaran sejarah berbasis autoplay pada materi pergerakan kebangsaan Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bululawang / Novi Ardiana

Ardiana, Novi (2014) Pengaruh penggunaan media slide pembelajaran sejarah berbasis autoplay pada materi pergerakan kebangsaan Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bululawang / Novi Ardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ardiana. Novi. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Slide Pembelajaran Sejarah Berbasis Autoplay Pada Materi Pergerakan Kebangsaan Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bululawang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dewa Agung Gede Agung M.Hum (II) Drs. Marsudi M.Hum Kata Kunci Media Pembelajaran Slide Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi selama peneliti melaksanakan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Bululawang menemukan bahwa Guru mata pelajaran sejarah belum menggunakan media pembelajaran ketika proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa yaitu penyampaian pembelajaran sejarah kurang menarik bagi peserta didik selain itu tidak digunakannya media menyebabkan siswa kurang menangkap pembelajaran yang disampaikan oleh guru dengan baik. Penyampaian pembelajaran yang hanya menggunakan verbal saja tidak dapat memberikan gambaran yang konkrit terhadap pembelajaran sejarah hal demikian berimbas pada hasil belajar siswa yang dibawah standar SKM pelajaran sejarah yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. 12288 12288 12288 12288 Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana penggunaan media slide pembelajaran sejarah berbasis autoplay pada materi pergerakan kebangsaan indonesia kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bululawang bagaimana hasil belajar siswa menggunakan media slide pembelajaran sejarah berbasis autoplay pada materi pergerakan kebangsaan indonesia kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bululawang Bagaimana pengaruh penggunaan media slide pembelajaran sejarah berbasis autoplay terhadap hasil belajar siswa pada materi pergerakan kebangsaan indonesia kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bululawang . 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yaitu Quasi Experiment atau eksperimen semu. Dalam desain ini terdapat dua kali analisis analisis yang pertama adalah menguji kemampuan awal atau hasil belajar sejarah kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan melaksanakan pre-test dan tidak terdapat perbedaan dalam kemampuan atau hasil belajar sejarah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis yang kedua adalah berupa post-test yaitu setelah adanya perlakuan di kelas eksperimen dan tanpa menggunakan media di kelas kontrol sehingga terlihat kemampuan akhir atau perbedaan hasil belajarnya. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung yaitu 8 098 dan t tabel 1 998 karena thitung 8805 ttabel maka terdapat perbedaan hasil belajar siswa secara signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol sehingga Hi diterima Saran dari peneliti selanjutnya adalah menggunakan media slide pembelajaran sejarah berbasis autoplay ini dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran karena penggunaanya mudah dan bisa diterapkan tidak hanya pada materi Pergerakan Nasional Indonesia saja tetapi pada materi sejarah lainnya. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54716

Actions (login required)

View Item View Item