Pengaruh penerapan media pembelajaran power point dengan software Camtasia terhadap peningkatan hasil belajar kelas VIII pada pelajaran IPS (sejarah) di SMPN 1 Tempeh Lumajang / Maimuna Tujahro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan media pembelajaran power point dengan software Camtasia terhadap peningkatan hasil belajar kelas VIII pada pelajaran IPS (sejarah) di SMPN 1 Tempeh Lumajang / Maimuna Tujahro

Tujahro, Maimuna (2013) Pengaruh penerapan media pembelajaran power point dengan software Camtasia terhadap peningkatan hasil belajar kelas VIII pada pelajaran IPS (sejarah) di SMPN 1 Tempeh Lumajang / Maimuna Tujahro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujahro Maimuna. 2013. Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Power Point dengan Software Camtasia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kelas VIII pada Pelajaran IPS (sejarah) di SMPN 1 Tempeh. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dewa Agung Gede Agung M. Hum (II) Drs. Mashuri M. Hum. Kata Kunci Media Pembelajaran Power Point dengan Software Camtasia Hasil Belajar Media pembelajaran merupakan suatu bentuk perantara yang dapat digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi guru dengan siswa dalam proses pembelajaran. Pada kurikulum KTSP siswa dituntut untuk bersikap aktif kreatif dan inovatif dalam menanggapi setiap pembelajaran berlangsung. Seorang guru dituntut untuk mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui media pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Sejarah adalah gambaran tentang asal-usul dan peristiwa-peristiwa masa lampau yang dialami oleh manusia disusun secara ilmiah meliputi urutan ruang waktu dan tempat sehingga mudah dimengerti dan dipahami. Mata pelajaran sejarah merupakan bagian dari mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Mengaplikasikan pembelajaran IPS (sejarah) di sekolah sangat membutuhkan keterampilan dari guru sejarah itu sendiri. Pembelajaran yang monoton akan sangat membosankan bagi peserta didik atau siswa dan inilah tantangan yang harus dihadapi oleh guru sejarah. Sarana dan prasarana di SMPN 1 Tempeh sudah memadai namun power point jarang digunakan dalam proses pembelajaran selain itu keterbatasan LCD yang ada menjadi kendalanya. Sedangkan program camtasia tidak pernah digunakan ataupun dikenal sebagai media pembelajaran di SMPN 1 Tempeh. Media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran salah satunya yaitu power point dengan tambahan instrumen baru agar membuat power point semakin lebih menarik dan lebih baik dengan sofware camtasia. Fasilitas yang diberikan software camtasia pada power point adalah kemampuan dalam merekam suara sekaligus gambar serta dapat membuat dan menyisipkan video ataupun musik. Media power point dengan software camtasia adalah media sederhana mudah dan mampu dikuasai guru. Selain itu pembelajaran dapat memotivasi siswa karena materi dari guru disajikan dalam tampilan yang megesankan dalam bentuk gambar dan animasi. Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Tempeh sebelum menggunakan media pembelajaran power point dengan software camtasia (2) Bagaimana penerapan media pembelajaran power point dengan software camtasia pada siswa kelas VIII SMPN 1 Tempeh (3) Bagaimana pengaruh penerapan media power point dengan software camtasia terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Tempeh . Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Tempeh sebelum menggunakan media pembelajaran power point dengan software camtasia mendiskripsikan penerapan media power point dengan software camtasia pada siswa kelas VIII SMPN 1 Tempeh dan menganalisis pengaruh penerapan media power point dengan software camtasia terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Tempeh. Rancangan penelitian yang digunakan oleh penulis sekaligus peneliti adalah penelitian eksperimen yaitu Pretest-Prosttest Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Tempeh-Lumajang kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 66 siswa kelas VIII B berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dan VIII C yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen. Penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen didasarkan pada nilai rata-rata ulangan harian satu (UH1). Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest dan posttest. soal pretest dan posttest telah di uji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya oleh peneliti pada tanggal 19 Maret 2013. Uji validasi dan reliabilitas dilakukan agar hasil tes yang diperoleh tidak mengalami kecondongan (bias). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPS (sejarah) antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Persentase antara pretest dan posttest kelas kontrol dari jumlah total pretest 1970 jadi pretest 43 43 % jumlah total posttest 2565 jadi posttest 56 56%. Persentase antara pretest dan posttest kelas eksperimen dari jumlah total pretest 2075 jadi pretest 40 88% jumlah total posttest 3000 jadi posttest 59 11%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa lebih tinggi 8 07 dari pada hasil belajar siswa kelas kontrol. Rata-rata kelas kontrol 80 15 dan kelas eksperimen 88 23. Berdasarkan hasil penelitian ini guru disarankan bahwa penerapan media pembelajaran power point dengan software camtasia dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk menumbuhkan minat siswa-siswi dalam proses pembelajaran. Untuk siswa harus lebih aktif bertanya sehingga tidak guru saja yang aktif dikelas. Sekolah pembelajaran dengan menggunakan media power point dengan software camtasia dalam proses pembelajaran dapat menjadi alternatif pertimbangan dalam upaya perbaikan strategi pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar IPS (sejarah) siswa SMPN 1 Tempeh. Kepada Dinas Kabupaten Lumajang untuk menfasilitasi setiap kelas LCD sehingga penggunaan media dalam pembelajaran di lakukan secara maksimal setiap kelas yang akan menggunakan media tidak perlu bergantian dengan kelas lain dan waktu yang ada tidak terbuang untuk menuju ke laboratorium dan untuk peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian sejenis penelitian ini hanya sebatas materi Proses Terbentuknya Kesadaran Nasional dan Identitas Indonesia disarankan untuk mengembangkan pada materi yang lain sesuai dengan karakteristik materi pada media pembelajaran power point dengan software camtasia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54670

Actions (login required)

View Item View Item