Maharani, Ika Fitri (2012) Kompetensi pedagogik guru dalam mendorong motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2011/2012 / Ika Fitri Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci kompetensi pedagogik guru motivasi belajar Guru sebagai pendidik dan pembimbing dituntut untuk memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai karena pada saat mengajar guru akan berhadapan dengan anak didik sedangkan tiap-tiap anak didik memiliki potensi yang berbeda. Tugas guru dalam mengajar di kelas tidak hanya menyajikan bahan pelajaran tetapi juga menciptakan situasi kelas interaksi kerjasama memberikan arahan petunjuk penjelasan serta dorongan rangsangan motivasi agar peserta didik belajar secara optimal. Di dalam pelaksanaan pembelajaran guru sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang sangat energik cara penyampaiannya cukup jelas penguasaan materi juga baik. Disisi lain siswa juga semangat mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh Ibu Kun. Dari sini peneliti mempunyai keinginan untuk meneliti bagaimana kompetensi pedagogik guru sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang dalam mendorong motivasi belajar siswa karena kompetensi pedagogik merupakan salah satu bagian penting dari kompetensi yang harus dimiliki guru selain itu guru yang memiliki kompetensi yang baik dalam bidangnya merupakan salah satu faktor yang mendorong motivasi belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kompetensi pedagogik guru sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang yang terkait dengan pemahaman terhadap peserta didik (2) kompetensi pedagogik guru sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang yang terkait dengan perencanaan pembelajaran (3) bagaimanakah kompetensi pedagogik guru dalam mendorong motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang yang terkait dengan pelaksanaan pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang yang terkait dengan pemahaman terhadap peserta didik (2) mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang yang terkait dengan perencanaan pembelajaran (3) mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam mendorong motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang yang terkait dengan pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Tujuan dari penelitian deskriptif adalah untuk memperoleh gambaran tentang kompetensi pedagogik guru motivasi belajar dan kompetensi pedagogik guru dalam mendorong motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS dan guru sejarah kelas XI IPS yang berjumlah 1. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dengan guru observasi terhadap guru dan siswa serta dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. i Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru sejarah SMA Negeri 5 Malang yang terkait dengan pemahaman terhadap peserta didik sudah cukup baik kompetensi pedagogik guru sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang yang terkait dengan perencanaan pembelajaran masih terdapat kekurangan-kekurangan kompetensi pedagogik guru dalam mendorong motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang yang terkait dengan pelaksanaan pembelajaran adalah baik. Meskipun di dalam penyusunan RPP masih terdapat kekurangan tetapi didalam pelaksanaan pembelajaran sudah baik misalnya saja penguasaan materi yang baik penyampaian materi yang jelas memanfaatkan media pembelajaran yang ada sehingga menjadikan siswa tertarik untuk lebih memperhatikan dan mempelajari materi yang diajarkan. Guru juga sudah mampu memotivasi siswa untuk hadir di kelas memotivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran menyampaikan materi dengan jelas sehingga mudah diterima oleh siswa. Selain itu siswa juga aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru maupun pada saat diskusi siswa sudah mampu menyimpulkan materi yang telah diberikan. Ini berarti kompetensi pedagogik guru mampu mendorong motivasi belajar siswa. Adapun saran yang dikemukakan peneliti adalah (1) bagi sekolah sekolah hendaknya untuk senantiasa memantau dan mengevaluasi para guru dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan kompetensinya. (2) bagi guru diharapkan tetap memperhatikan dan meningkatkan kompetensi pedagogiknya lebih diperhatikan lagi dalam penyusunan RPP dan sebaiknya mengikuti standar yang sudah ditentukan karena ilmu pengetahuan yang dipelajari pada mata pelajaran sejarah terus berkembang setiap waktu. (3) bagi peneliti peneliti selanjutnya sebaiknya menambah kompetensi guru yang meliputi kompetensi kepribadian kompetensi sosial dan kompetensi profesional. (4) bagi siswa siswa hendaknya mempertahankan motivasi belajarnya dan lebih meningkatkan lagi motivasi dalam belajar sehingga dapat mencapai hasil belajar yang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |