Winarko, Tomi Adi (2012) Hubungan penggunaan metode ekspresi bebas dengan metode ekspresi terarah terhadap hasil belajar dalam pembelajaran melukis menggunakan media crayon kelas VIII SMP Taman Siswa di Malang / Tomi Adi Winarko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Metode Ekspresi Bebas Metode Ekspresi Terarah Hasil Belajar Melukis Krayon. Kegiatan proses pembelajaran seni budaya di kelas VIII sesuai dengan kurikulum terdapat standar kompetensi dan kompetensi dasar mengekspresikan diri melalui karya seni rupa berupa materi seni lukis atau gambar dengan menggunakan media krayon. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar melukis siswa kelas VIII A dalam menguasai media crayon dengan menggunakan metode ekspresi bebas hasil belajar melukis siswa kelas VIII B dalam menguasai media crayon dengan menggunakan metode ekspresi terarah dan untuk mengetahui hubungan penggunakan metode ekspresi bebas dengan metode ekspresi terarah terhadap hasil belajar dalam pembelajaran melukis menggunakan media crayon kelas VIII SMP Tamansiswa di Malang. Penelitia ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel adalah Purposive Sampling yaitu siswa SMP Tamansiswa Malang kelas VIII A sebanyak 40 siswa dan kelas VIII B sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data dengan proses melukis tes melukis dan dokumentasi karya selanjutnya penganalisisan data secara deskriptif yaitu dihitung frekuensi dan prosentasenya dan analisis korelasi dengan formula koefisiensi korelasi produck moment dari Kalt Pearson dengan bantuan perangkat (SPSS) . Berdasarkan hasil analisis data tersebut secara deskriptif menunjukan hasil tes melukis dengan metode ekspresi bebas secara keseluruhan kelas VIII A SMP Tamansiswa Malang 47 5 % adalah kurang dengan rata-rata kelas 69 25% adalah sedang. Hasil tes melukis dengan metode ekspresi terarah secara keseluruhan kelas VIII B SMP Tamansiswa Malang sebagian besar adalah sangat baik sebanyak 45 % dengan rata-rata kelas 75 5 % adalah baik. Hubungan penggunakan metode ekspresi bebas dengan metode ekspresi terarah terhadap hasil pembelajaran melukis menunjukan tidak terdapat hubungan yang signifikan yaitu r hitung adalah sebesar -.173 dengan nilai sig sebesar 0 285. Karena r hitung (-.173) r tabel (-0.312). Jadi korelasinya lemah yang ditunjukan nilai (negatif) dengan arah berlawanan maka semakin tinggi nilai dari ekspresi bebas maka semakin rendah nilai dari ekspresi terarah dan juga berlaku sebaliknya semakin tinggi nilai dari ekspresi terarah maka semakin rendah nilai dari ekspresi bebas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54563 |
Actions (login required)
View Item |