Pengembangan media pembelajaran peta digital berbasis adobe director 11.5 untuk meningkatkan pemahaman materi proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bululawang / Ferdinan Bashofi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran peta digital berbasis adobe director 11.5 untuk meningkatkan pemahaman materi proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bululawang / Ferdinan Bashofi

Bashofi, Ferdinan (2012) Pengembangan media pembelajaran peta digital berbasis adobe director 11.5 untuk meningkatkan pemahaman materi proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bululawang / Ferdinan Bashofi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media pembelajaran sejarah peta digital pemahaman adobe director. Media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran karena media dapat digunakan sebagai penyalur pesan dari guru kepada siswa dengan hasil yang lebih optimal. Persoalan yang sering muncul dalam pembelajaran sejarah antara lain kejenuhan siswa dalam belajar sehingga siswa kurang tertarik dengan matapelajaran sejarah. Permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran sejarah setidaknya dapat dikurangi dengan mengembangkan media pembelajaran sejarah yang dapat menciptakan lingkungan yang memberi peluang terjadinya proses belajar mengajar yang menuntut keaktifan siswa. Dengan cara ini siswa akan mampu memahami sejarah secara lebih benar tidak hanya menyebutkan fakta sejarah belaka. Rumusan Masalah dalam penelitian pengembangan ini adalah 1) bagaimana mengembangkan media pembelajaran sejarah peta digital yang dapat mempersentasikan materi proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia yang nantinya akan diterapkan di kelas XI IPS SMA N 1 Bululawang. 2) bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran peta digital terhadap peningkatan pemahaman materi proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia. Media ini dikembangkan dengan menggunakan program presentasi Adobe Director 11.5 yang dapat menggabungkan antara teks gambar video dan suara dalam bentuk animasi presentasi. Rancangan penelitian menggunakan model pengembangan prosedural. Model pengembangan prosedural ini meliputi kegiatan identifikasi kompetensi dasar dan indikator analisis bahan ajar desain media produksi editing prototipe media validasi produk uji coba produk dan produk akhir. Produk yang telah divalidasi akan diujicobakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Data penelitian bersifat kuantitatif dan diperoleh dari uji validasi produk dari ahli media dan ahli materi serta data uji coba produk di sekolah. Data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif persentase. Hasil uji validasi diketahui bahwa bahwa media ini cukup valid . Hasil validasi produk dari ahli media diperoleh nilai 75% dari ahli materi diperoleh nilai 80% sedangkan untuk uji coba produk diperoleh nilai 82.64% dengan kriteria cukup valid . Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba tersebut disimpulkan bahwa produk cukup valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran disekolah. Hasil data mengenai tingkat pemahaman siswa setelah menggunakan produk ini adalah rata-rata peningkatan pemahaman siswa sebesar 37.22%. Pemahaman siswa yang awalnya 44.44% dengan kategori rendah menjadi 81.66% dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54556

Actions (login required)

View Item View Item