Apriliani, Liesna (2010) Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa melalui penerapan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) pada pembelajaran sejarah kelas VII di SMP Negeri 1 Malang / Liesna Apriliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Apriliani Liesna. 2009. Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Pembelajaran Sejarah Kelas VII di SMP Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Legawa M. Si (II) Drs. Marsudi M. Hum. Kata Kunci Pendekatan CTL Motivasi dan Prestasi Belajar. Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Pendidikan kita masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai seperangkat fakta-fakta yang harus dihapal terutama bidang studi sejarah. Kelas terfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan dan ceramah menjadi pilihan strategi belajar. Di SMP Negeri I Malang guru sejarah masih dominan menggunakan metode ceramah dan penugasan. Namun ternyata ini menimbulkan permasalahan baik bagi guru maupun siswa karena prestasi belajar siswa yang kurang optimal. Untuk mengatasi permasalahan ini maka dipilihlah pendekatan CTL. Dengan pendekatan CTL pelaksanaan pembelajaran jauh lebih mendalam daripada menggunakan ceramah. Melalui pembelajaran CTL berbagai kemampuan siswa seperti belajar mandiri bekerjasama dan berfikir kritis dapat dikembangkan untuk memberikan bekal bagi mereka. Dengan konsep ini hasil pembelajaran diharapkan dapat meningkat dan lebih bermakna bagi siswa serta dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana proses pembelajaran sejarah dengan pendekatan CTL (2) apakah penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan motivasi belajar (3) dan prestasi belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan proses pembelajaran sejarah dengan pendekatan CTL (2) mendiskripsikan motivasi belajar siswa (3) dan prestasi belajar siswa melalui penerapan pendekatan CTL pada pembelajaran sejarah kelas VII F SMP Negeri 1 Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif sedangkan jenis penelitiannya yaitu tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi catatan lapangan dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran sejarah dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa yang termotivasi dalam belajar menunjukkan minat kegairahan perhatian keaktifan dan ketekunan yang tinggi dalam belajar. Peningkatan motivasi belajar juga diikuti dengan peningkatan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes nilai rata-rata siklus I adalah 69 31 dan siklus II adalah 86 20. Sedangkan hasil penilaian proses siklus I adalah 70 5 dan siklus II adalah 82 3. Saran yang dapat diberikan yaitu guru hendaknya lebih selektif dalam memilih pendekatan pembelajaran dan kreatif dalam menentukan strategi dan metode pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar serta memperbaiki kualitas pembelajaran. Bagi peneliti lain yang tertarik untuk memperbaiki atau melanjutkan penelitian ini disarankan agar peneliti tersebut mempunyai persiapan yang lebih baik dan kreatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54490 |
Actions (login required)
View Item |