Penerapan cooperative learning dengan metode mind mapping sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sumenep tahun 2008/2009 / Nuurul Hidayati Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan cooperative learning dengan metode mind mapping sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sumenep tahun 2008/2009 / Nuurul Hidayati Agustin

Agustin, Nuurul Hidayati (2009) Penerapan cooperative learning dengan metode mind mapping sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sumenep tahun 2008/2009 / Nuurul Hidayati Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hidayati A. Nuurul. 2008. Penerapan Cooperative Learning dengan Metode Mind Mapping sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas XI pada Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sumenep. Skripsi Jurusan Sejarah FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dewa Agung Gede Agung M.Hum (II) Drs. Marsudi M.Hum. Kata kunci Cooperative learning Mind mapping Hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi awal melalui guru dan beberapa siswa kelas XI-IPA 2 di SMA Negeri 1 Sumenep kondisi pembelajaran Sejarah yang dilakukan di kelas dapat dikatakan cukup baik walaupun sering menggunakan metode ceramah. Permasalahan pembelajaran yang dihadapi baik oleh guru maupun siswa adalah hasil belajar yang kurang memuaskan dikarenakan siswa kesulitan mengkonstruk ide-idenya sendiri dalam mengingat materi yang diberikan oleh guru dan juga hubungan antar siswa yang terkesan individual sehingga berdampak pada kurang optimalnya hasil belajar siswa. Permasalahan tersebut memotivasi guru untuk mengembangkan pembelajaran yang digunakan selain menggunakan metode ceramah juga menggunakan metode diskusi dengan pemberian tugas membuat makalah secara berkelompok kemudian dipersentasikan. Namun pengembangan pembelajaran yang diterapkan guru belum memuaskan karena nilai rata-rata siswa kelas XI IPA-2 tahun ajaran 2008/2009 adalah 61 68 dan metode diskusi yang diterapkan kurang memperlihatkan kerjasama kelompok dan cenderung didominasi oleh beberapa orang saja. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkan Cooperative Learning dengan Metode Mind Mapping. Adapun pemilihan lokasi penelitian berdasarkan pertimbangan kualitas sekolah di mata masyarakat sebagai sekolah unggulan dan favorit di kabupaten Sumenep namun pada kenyataannya masih ada permasalahan dalam beberapa kelas yang belum bisa diselesaikan yaitu hasil belajar yang relatif rendah pada pelajaran Sejarah. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini diantaranya (1) Bagaimana penerapan cooperative learning dengan metode mind mapping pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMAN 1 Sumenep tahun 2008/2009 (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan cooperative learning dengan metode mind mapping pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMAN 1 Sumenep tahun 2008/2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui penerapan cooperative learning dengan metode mind mapping pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMAN 1 Sumenep tahun 2008/ 2009 (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar setelah diterapkan cooperative learning dengan metode mind mapping pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMAN 1 Sumenep tahun 2008/ 2009. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (action research) yaitu suatu studi sistematis terhadap praktik pembelajaran di kelas yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas dan hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal tes pedoman wawancara lembar observasi lembar catatan lapangan format penilaian dan dokumen. Untuk menjawab masalah pertama maka teknik analisa yang ii digunakan melalui lembar observasi ketepatan guru yaitu dengan cara membandingkan persentase keberhasilan tindakan guru dalam menerapkan cooperative learning dengan metode mind mapping pada siklus 1 dan siklus 2 sedangkan teknik analisa yang digunakan untuk menjawab masalah kedua maka teknik analisa yang digunakan melalui format penilaian kognitif afektif dan psikomotor yaitu dengan cara membandingkan persentase hasil belajar siswa secara keseluruhan sebelum tindakan diberikan (melalui nilai UTS) dan setelah tindakan diberikan pada kedua siklus. Mata pelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Sejarah untuk kelas XI IPA semester I tahun pelajaran 2008/2009 yaitu terfokus pada materi Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia dan Zaman Pendudukan Jepang di Indonesia . Adapun teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada penelitian ini yakni dengan cara membandingkan persentase ketuntasan belajar secara keseluruhan sebelum diberikan tindakan dengan ketuntasan belajar secara keseluruhan setelah diberikan tindakan pada siklus 1 maupun pada siklus 2. Selain itu persentase ketuntasan belajar secara klasikal dihitung dengan cara membandingkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan jumlah siswa secara keseluruhan (siswa maksimal) kemudian dikalikan 100%. Penerapan Cooperative Learning dengan metode mind mapping (peta pikiran) dilaksanakan dalam tiga tahap sesuai dengan rencana pembelajaran yang disusun yakni tahap penyajian materi tahap belajar kelompok dan tahap mind mapping. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Cooperative learning dengan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA-2 di SMA Negeri 1 Sumenep pada mata pelajaran Sejarah. Peningkatan ketuntasan belajar secara keseluruhan (klasikal) pada siklus 1 ke siklus 2 sebesar 20 46% untuk aspek kognitif 6 86% untuk aspek afektif serta 16 51% untuk aspek psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan pada guru-guru Sejarah yang lain khususnya guru Sejarah di SMA Negeri 1 Sumenep yang mengajar di kelas XI lainnya agar mencoba menerapkan Cooperative Learning dengan metode mind mapping dalam proses pembelajaran di kelas. Selain itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penerapan Cooperative Learning dengan metode mind mapping dalam pembelajaran mata pelajaran lainnya agar diperoleh hasil penelitian yang representatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54483

Actions (login required)

View Item View Item