Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan sistem transportasi pada makhluk hidup kelas VIII di SMP Negeri 25 Malang / Moh Imam Muklis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan sistem transportasi pada makhluk hidup kelas VIII di SMP Negeri 25 Malang / Moh Imam Muklis

Muklis, Moh Imam (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan sistem transportasi pada makhluk hidup kelas VIII di SMP Negeri 25 Malang / Moh Imam Muklis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muklis Moh Imam. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran InteraktifMata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pokok bahasanSistem Transportasi Makhluk Hidup Kelas VIII Di SMP Negeri 25 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd (II) Dr. Agus Wedi S.Pd M.Pd. Kata Kunci Multimedia Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sistem Transportasi Makhluk hidup Kelas VIII Pemanfaatan laboratorium komputer sebagai media pembelajaran berbasis komputer dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran yang memerlukan visualisasi dalam pemahaman konsepnya. Salah satu jenis media pembelajaran berbasis komputer adalah multimedia pembelajaran di mana materi yang disampaikan berupa kombinasi antara teks gambar suara animasi dan video yang dapat dikendalikan sendiri oleh siswa melalui perangkat komputer. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilaksanakan di SMP Negeri 25 Malang (a) diperlukan media yang dapat membantu siswa memahami konsep dan proses yang terjadi pada materi sistem transportasi makhluk hidup (b) tersedianya laboratorium komputer yang dapat digunakan dalam pembelajaran siswa (c) tingginya motivasi guru dalam menerapkan kurikulum 2013 yang menempatkan siswa pada posisi utama dalam pembelajaran sedangkan guru hanya sebagai fasilitator pembelajaran. Berkaitan dengan itu diperlukan multimedia pembelajaran yang dapat mempermudah siswa memahami konsep dan proses yang terjadi mengenai materi geometri transformasi di SMP Negeri 25 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk multimedia dan mengetahui tingkat validitas produk pengembangan multimedia untuk mata pelajaran IPA materi sistem transportasi makhluk hidup kelas VIII SMP Negeri 25 Malang. Multimedia pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model pengembangan William W. Lee dan Diana L. Owens yang terdiri dari (1) Analisis Kebutuhan (2) Analisis Awal-Akhir (3) Desain (4) Pengembangan (5) Implementasi (6) Evaluasi. Hasil validasi oleh ahli media memberikan penilaian 92 5% dengan kriteria valid ahli materi memberikan penilaian 81 25% dengan kriteria valid uji coba siswa perseorangan menghasilkan penilaian 90 00% dengan kriteria valid uji coba kelompok kecil menghasilkan penilaian 78 75% dengan kriteria cukup valid dan uji coba lapangan menghasilkan penilaian 86 3% dengan krteria valid. Seluruh hasil uji coba menyatakan bahwa media telah layak digunakan dalam pembelajaran.Pada hasil tes belajar siswa uji coba lapangan setelah menggunakan multimedia memperoleh persentase (77 4%) siswa yang mencapai KKM hal ini menunjukan bahwa multimedia pembelajaran ini efektif dan memberikan dampak yang positif dalam pembelajaran mata pelajaran IPA materi sistem transportasi makhluk hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item