Mufidah, Luluk (2015) Peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis proyek di kelas III sekolah dasar / Luluk Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mufidah Luluk. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Di Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Ed (II) Eka Pramono Adi SIP M.Si Kata Kunci Pembelajaran berbasis proyek pembelajaran tematik hasil belajar Berdasarkan observasi di kelas III UPT SDN Gentong Pasuruan menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode ceramah saja. Dalam proses pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered) konsep yang diajarkan guru hanya disampaikan secara lisan. Banyak siswa yang merasa bingung dan sulit mendalami materi yang telah disampaikan guru. Disini guru belum melibatkan siswa secara aktif dan menyeluruh hanya didominasi oleh siswa-siswa tertentu. Hal tersebut berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktifitas belajar siswa. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan empat tahap antara lain tahap perencanaan tahap pelaksanaan tahap observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa lembar observasi aktifitas mengajar guru tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di kelas III mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari perolehan nilai tes evaluasi. Hasil tes evaluasi terlihat bahwa pada siklus I diperoleh dari 27 siswa 15 siswa dengan presentase sebesar 56% tuntas dan 12 siswa dengan presentase sebesar 44% tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yaitu dari 27 siswa 2 siswa dengan presentase sebesar 7% tidak tuntas. Sedangkan 25 siswa dengan presentase sebesar 93% tuntas dengan rata-rata nilai kelas sebesar 74 61. Pada siklus II ini terlihat adanya peningkatan sebesar 37%. Selain itu pada aktifitas siswa juga mengalami peningkatan dari 61% dengan kriteria Cukup menjadi 92% dengan kriteria Sangat Baik pada siklus II. Saran yang dapat diberikan yaitu 1) diharapkan guru lebih memahami konsep tentang pembelajaran berbasis proyek (project based learning) agar lebih sempurna dalam penerapan dan meningkatnya hasil belajar siswa 2) dalam pengelolaan pembelajaran di kelas guru harus selalu memberi arahan dan motivasi kepada seluruh siswa terutama siswa yang memiliki kemampuan yang lebih rendah perlu mendapatkan perhatian yang lebih agar mereka termotivasi dan lebih aktif dalam pembelajaran dan 3) bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melakukan penelitian tentang model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) disarankan untuk mengembangkan penelitiannya lebih luas dari segi variabel penelitian materi pembelajaran serta perencanaan pembelajaran yang lebih baik lagi sehingga dapat diterapkan dengan mudah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/538 |
Actions (login required)
View Item |