Pengaruh model pembelajaran problem based instruction terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI IPS SMAN 7 Malang ditinjau dari minat belajarnya / Aditya Veinda Dwi Ariyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem based instruction terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI IPS SMAN 7 Malang ditinjau dari minat belajarnya / Aditya Veinda Dwi Ariyani

Ariyani, Aditya Veinda Dwi (2018) Pengaruh model pembelajaran problem based instruction terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI IPS SMAN 7 Malang ditinjau dari minat belajarnya / Aditya Veinda Dwi Ariyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ariyani Aditya Veinda Dwi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Intruction Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI IPS SMAN 7 Malang ditinjau dari Minat Belajarnya. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (2) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto M.Si. Kata Kunci model Problem Based Intruction kemampuan berpikir tingkat tinggi minat belajar mata pelajaran geografi. Pembelajaran saat ini hanya menekankan pada kemampuan berpikir tingkat dasar seperti hapalan mengetahui sebuah infromasi dan memberikan kritikan. Perlu adanya peningkatan kualitas pembelajaran dalam kemampuan berpikir tingkat yang lebih tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan keterampilan pada tingkat yang lebih tinggi dalam mengolah dan mengevaluasi informasi yang diterima dengan kemampuan berpikir kritis kreatif dan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Intruction terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMAN 7 Malang ditinjau dari minat belajarnya. Penelitian ini dirancang menggunakan eksperimen semu dengan posttest only control group design yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal essai sebanyak 4 butir dengan pedoman penskoran kemampuan berpikir tingkat tinggi. Perhitungan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi dan minat belajar siswa menggunakan faktorial 2x3. Teknik analisis data menggunakan SPSS 16.0 for windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-f (analysis of variance). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem Based Intruction berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMAN 7 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas yang menggunakan model Problem Based Intruction memiliki nilai rata-rata (82) lebih tinggi dari kelas yang tidak menggunakan model Problem Based Intruction (77). Selain itu model Problem Based Intruction ditinjau dari minat belajar siswa juga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMAN 7 Malang. Dengan kata lain menunjukkan bahwa H0 ditolak sehingga menerima H1 yang artinya model Problem Based Intruction ditinjau dari minat belajarnya berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMAN 7 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53753

Actions (login required)

View Item View Item