Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMA Laboratorium UM Malang pada mata pelajaran Geografi semester 2 tahun ajaran 2017/2018 / Ajeng Tiara Sekaring Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMA Laboratorium UM Malang pada mata pelajaran Geografi semester 2 tahun ajaran 2017/2018 / Ajeng Tiara Sekaring Kusuma

Kusuma, Ajeng Tiara Sekaring (2018) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMA Laboratorium UM Malang pada mata pelajaran Geografi semester 2 tahun ajaran 2017/2018 / Ajeng Tiara Sekaring Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Kusuma Ajeng Tiara Sekaring 2018 Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 2 SMA Laboratorium UM Malang Pada Mata Pelajaran Geografi Semester 2 Tahun Ajaran 2017/2018.Pembimbing (I)Dr.Singgih Susilo M.S M.Si (II) Drs.Yusuf Suharto M.Pd Kata kunci Problem Based Learning Hasil Belajar Adapun permasalahan yang dialami siswa adalah kurangnya hasil belajar siswa dalam pelajaran geografi yang menyebabkan mereka kurang menguasai materi yang diberikan oleh guru hal tersebut dapat dilihat dengan ketika guru menerangkan ada siswa yang sibuk mendengarkan musik dengan memakai headset ada juga yang sibuk dengan aktivitasnya sendiri tanpa ada yang memperhatikan pelajaran . Tujuan dalampenelitian ini adalah untuk endapatkan data dan gambaran tentang 1) Untuk mendeskripsikan aktivitas guru dalam pembelajaran Geografi melalui penerapan model PBL (problembassed learning) pada Siswa kelas X IPS 2 SMA Laboratorium UM Malang. 2) Untuk menentukan hasil belajar Geografi siswa kelas X IPS 2 SMA Laboratorium UM Malang. 3) Untuk menentukan persentase (%) peningkatan hasil belajar Geografi SMA Laboratorium UM Malang. Model PBL dapat diartikan sebagai rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan pada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah Hal ini dapat dilihat melalui test yang diberikan apakah pelaksaan PBL sudah dapat meningkatkan hasil belajar atau belum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53746

Actions (login required)

View Item View Item