Pusphito, Sri Yamti Ndaru (2015) Pengaruh pemanfaatan multimedia presentasi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Bugul Lor Pasuruan / Sri Yamti Ndaru Pusphito. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pusphito Sri Yamti Ndaru. 2015. Pengaruh Pemanfaatan Multimedia Presentasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Bugul Lor Pasuruan. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Susilaningsih M.Pd (II) Henry Praherdhiono S.si M.Pd Kata Kunci pemanfaatan Multimedia Presentasi Hasil Belajar. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dianggap sulit oleh sebagian siswa sebab proses pembelajaran yang digunakan dengan metode ceramah jika hanya menggunakan metode ceramah setiap siswa akan berbeda pesrsepsinya tentang materi gaya. Berdasarkan tersebut peneliti mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi siswa dikelas yaitu siswa kurang aktif suasana dan kondisi di dalam kelas tidak kondusif kurangnya keinginanan guru untuk memanfaatkan media pembelajaran kurangnya kreatifitas guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Dengan menggunakan multimedia presentasi dapat memadukan media-media dalam proses pembelajaran maka proses pembelajaran akan berkembang dengan baik sehingga dapat memberi manfaat bagi guru dan siswa Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemanfataan multimedia presentasi terhadap hasil belajar siswa di SDN Bugul Lor Pasuruan. Terdapat dua hipotesis dari penelitian ini yaitu 1) Hipotesis Nol (Ho) Tidak ada pengaruh pemanfaatan multimedia presentasi yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di SDN Bugul Lor Pasuruan. Hipotesis Alternatif (Ha) Ada pengaruh pemanfaatan multimedia presentasi yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di SDN Bugul Lor Pasuruan. Rancangan penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperiment semu (quasi eksperimental). Rancangan eksperimen semu merupakan rancangan penelitian yang dimaksud untuk mengungkapkan hubungan sebab akibat dengan melibatkan kelompok kontrol dan eksperimen. Untuk melaksanakan eksperimen semu dipilih rancangan pretes dan posttes dengan pemilihan kelompok yang tidak diacak. Berdasarkan hasil uji t terhadap gainscore diperoleh nilai thitung 2 199 dan ttabel 2 02. Dapat disimpulkan bahwa thitung 2 199 ttabel 2 02 dan nilai signifikannya 0 034 0 05 pada taraf signifikasi 5% dengan demikian dapat diinterpretasikan Ho ditolak dan menerima Ha berarti ada pengaruh pemanfaatan multimedia presentasi terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian guru disekolah SDN Bugul Lor hendaknya memakai multimedia presentasi sehingga dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran serta multimedia presentasi dapat membantu dalam mencapai kemampuan kognitif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/536 |
Actions (login required)
View Item |