A'yunin, Ummi Qonitatun (2017) Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik SMA pada mata pelajaran geografi / Ummi Qonitatun A'yunin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK A yunin Ummi Qonitatun. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Peserta didik SMA pada mata pelajaran Geografi. Skripsi. Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malamg. Pembimbing (I) Dr. Ach. Amirudin M.Pd (II) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd. Kata kunci Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) hasil belajar. Pembelajaran merupakan upaya guru untuk membelajarkan peserta didik. Belajar menjadi lebih efektif apabila terjadi di dalam konteks sehingga konteks termasuk dalam bagian penting dari basis pengetahuan yang berhubungan dengan proses belajar. Implikasinya di dalam pembelajaran adalah penciptaan lingkungan belajar yang riil autentik dan relevan sebagai konteks belajar tertentu. Guru dengan model pembelajaran yang diciptakannya harus berfokus pada pendekatan realistis sehingga memudahkan peserta didik dalam belajar memecahkan masalah di dunia nyata. Project Based Learning (PjBL) dianggap menjadi sebuah model pembelajaran yang mengunakan pendekatan realistis karena prinsip dalam model tersebut digunakan untuk pemecahan masalah yang didapat peserta didik dalam lingkungan hidup yang nyata dan dapat disajikannya dalam bentuk karya. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi di SMAN 1 Turen Tahun ajaran 2016/2017 pada kompetensi dasar dinamika atmosfer serta dampaknya terhadap kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimental Design yang dikembangkan dengan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X peminatan IPS SMAN 1 Turen semester genap tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebanyak 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Bentuk instrumen yang digunakan adalah tes essay sejumlah 5 soal. Penelitian ini terdiri dari tiga data yaitu data kemampuan awal data kemampuan akhir dan data hasil belajar. Data hasil belajar diperoleh dari selisih hasil prettes dan posttes (Gain Score). Gain Score tersebut selanjutnya diuji dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) memiliki rata-rata lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar sebelum diberikan perlakuan. Hasil belajar yang lebih baik ditunjukkan dengan adanya kenaikan skor pada rata-rata post-Test. Rata-rata skor pre-Test yang didapatkan peserta didik sebanyak 54.55 sedangkan post-Test 76.64. Hasil analisis uji t diketahui bahwa nilai p adalah 0 000 nilai p (0 000)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53580 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |